Mari Memelihara Landak Mini

Mari Memelihara Landak Mini

Ini bagi penyayang serta penghobi hewan piaraan. Ingin memiliki hewan peliharaan yang menggemaskan, tapi budget anda pas-pasan? Boleh jadi, landak mini atau dalam Bahasa Inggris disebut African pygmy hedgehogs sangat layak dijadikan pilihan utama. Dengan harga sekitar Rp 200 ribu untuk satu anakan, Anda sudah bisa membawa pulang hewan mungil berduri ini dan siap dijadikan

Ini bagi penyayang serta penghobi hewan piaraan. Ingin memiliki hewan peliharaan yang menggemaskan, tapi budget anda pas-pasan? Boleh jadi, landak mini atau dalam Bahasa Inggris disebut African pygmy hedgehogs sangat layak dijadikan pilihan utama. Dengan harga sekitar Rp 200 ribu untuk satu anakan, Anda sudah bisa membawa pulang hewan mungil berduri ini dan siap dijadikan hewan klangenan.

Dari bentuk tubuhnya, seringkali landak mini ini dikira sebagai bayi landak besar (Porcupine) yang sering ditemui di kebun binatang. Padahal, bentuk dewasa dari landak mini memang berukuran mini. Berat tubuhnya saat dewasa saja tak lebih dari 600 gram. Perbedaan kedua adalah dari warnanya.

Tidak seperti landak biasa yang hanya berwarna hitam, abu-abu dan kecoklatan, warna tubuh landak mini bisa beragam. Dari warna tubuhnya ini, penamaan landak mini juga beragam. Ada yang disebut landak mini albino (berwarna putih),  salt and pepper (berwarna hitam-putih), pinto (berwarna kecoklatan), chocolate (berwarna cokelat tua) dan masih ada lagi variasi warna lainnya.

Kebiasaan unik landak mini yang sekaligus jadi daya tarik para penghobi untuk mengoleksi hewan mungil ini adalah kebiasaannya menggulungkan tubuhnya menjadi “bola duri” jika sedang takut atau merasa terancam. Bagian punggung landak mini memang ditutupi duri. Sedangkan bagian kaki, muka dan perut tidak berduri. Untuk melindungi diri dari bahaya atau ancaman predator, hewan ini akan menggulungkan diri sehingga bagian muka, perut dan kaki yang tidak berduri akan terlindungi di dalam “bola duri”.

Menurut Yogi Irseptiandika Putra, penghobi sekaligus breeder landak mini yang tinggal di daerah sanggulan, Tabanan, perawatan landak mini tidak terlalu ribet. Di habitat alaminya, landak mini merupakan hewan pemakan serangga. Tapi, sebagai hewan peliharaan, landak mini biasanya diberi makan ulat hongkong dan makanan kucing atau anjing yang kering yang bisa dibeli di petshop. “Makanan landak mini sangat mudah didapat. Diberi pakan makanan kucing atau anjing sudah cukup membuatnya tumbuh optimal,” ujarnya.

READ  Empat Kali Berturut-Turut Raih WTP

Yogi Irseptiandika Putra mengingatkan, landak mini merupakan hewan soliter atau penyendiri. Penghobi pemula disarankan cukup memelihara landak mini satu ekor saja, jantan atau betina saja tanpa harus sepasang. Ketika sudah bisa terampil merawat, bisa membeli pasangannya untuk dikawinkan. Ingat, pasangan landak mini ini hanya ditempatkan dalam satu kandang untuk dikawinkan. “Ketika perkawinan sukses dan induk betina dipastikan bunting, segera pisahkan karena landak jantan bisa membunuh anaknya sendiri,” katanya mengingatkan.

Syarat utama yang harus diperhatikan dalam memelihara landak mini agar tetap sehat, kata bujangan yang juga penghobi reptil ini, kandang landing mini harus nyaman dan bersih. Kandang dianjurkan tidak terlalu sempit karena hewan mungil ini tergolong aktif bergerak. Tambahkan serutan kayu atau sekam sebagai alas kandang yang akan berfungsi sebagai penyerap air seni landak dan juga sebagai penyerap bau kotorannya.

Untuk menjaga kebersihan tubuh landak mini dan terhindar dari penyakit, jangan lupa memandikan landak mini secara teratur. Minimal sebulan sekali atau ketika landak mini terlihat seringkali manggaruk-garuk tubuhnya. “Memandikannya cukup menggunakan air dingin yang dicampur dengan shampoo bayi dan juga sikat gigi yang halus untuk membersihkan kotoran yang melekat di tubuhnya. Setelah itu, keringkan tubuh landak mini dengan handuk yang bersih dan halus. Jika perawatannya optimal, landak mini bisa bertahan hidup di dalam kandang hingga 9 tahun,” ujarnya. (BTN/kmb)

1 comment


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

1 Comment

  • Landak Mini
    December 22, 2016, 2:11 AM

    lucu bgt hewan satu ini,, cara merawatnya juga nggak susah susah amat ya.. makasih min infonya.

    REPLY
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana