Tari Pendet Pasepan Yang Unik

Tari Pendet Pasepan Yang Unik

Tari Pendet ini sangat Unik dan sacral. Tari Pendet yang ada di Pura Dalem Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul,  Kecamatan Nusa Penida ini selalu ditampilkan pada setiap ada piodalan. Para penari yang merupakan warga pengempon pura tersebut, membawa sarana pasepan saat mementaskan tari ini. Pakem pada tarinya menyerupai Tari Pendet pada umumnya. Namun, dalam pentasnya

Tari Pendet ini sangat Unik dan sacral. Tari Pendet yang ada di Pura Dalem Desa Pakraman Dalem Setra Batununggul,  Kecamatan Nusa Penida ini selalu ditampilkan pada setiap ada piodalan. Para penari yang merupakan warga pengempon pura tersebut, membawa sarana pasepan saat mementaskan tari ini.

Pakem pada tarinya menyerupai Tari Pendet pada umumnya. Namun, dalam pentasnya para penari menggunakan sarana pasepan. Tari wali ini ditampilkan setelah Ida Bhatara selesai melasti sebagai wujud persembahan tulus masyarakat pengempon pura dan juga rasa bhakti agar selalu diberikan keselamatan dan kerahayuan.

I Dewa Gede Rai Sudiarta selaku Pembina tari mengatakan, pakem pendet pada tarian ini tetap menjadi acuan, perbedaan terlihat pada sarana pasepan sebagai propertinya. Biasanya pendet sebagai tari penyambutan tamu besar atau lainnya membawa properti bunga. Tari ini khusus ditampilkan saat adanya piodalan di pura tersebut. “Konsep tari wali ini membangun serta membangkitkan aura spiritual kesucian. Sarana pasepan disebut agni hotra,” tuturnya.

Tari Pendet Pasepan ini berhubungan dengan ritual-ritual yang ada di Bali khususnya di Nusa Penida. Tari merupakan garapan seni klasik bernuansa spiritual. Penari yang dilibatkan tidak dipatok jumlahnya, tergantung warga yang mampu membawakannya. Tari ini sebagai tari sakral karena memiliki terkaitan yang sangat erat antara kesenian dengan ritual. “Sifat tarian sakral didasari atas keikhlasan. Bisa melibatkan generasi muda yang mau mengabdikan dirinya iklas serta fleksibel,” imbuh Rai Sudiarta.

Tari Pendet Pasepan diiringi gamelan terompongan yang merupakan alat musik klasik yang bermakna spiritual. Terakhir, Tari Pendet Pasepan dipementaskan pada piodalan di Pura Dalem, Desa Pakraman Setra Batununggul, Nusa Penida pada 14 November lalu. (BTN/kmb)

READ  Bentuk ‘’One Stop Destination’’, Badung Siapkan Dana Rp 342 Miliar


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Bebek Sungai

Latest Posts

Most Commented

Soham Welness Center
Wapa Di Ume
Pramana