Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Kedonganan, DLHK Terjunkan 200 Personel

Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Kedonganan, DLHK Terjunkan 200 Personel

Sampah plastik yang terempas angin makin menumpuk di bibir Pantai Kedonganan, Kuta. Per hari, tumpukan sampah itu mencapai ratusan ton. Guna membersihkan tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung menerjunkan 200 personel yang didukung dua unit loader dan lima truk. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten

Sampah plastik yang terempas angin makin menumpuk di bibir Pantai Kedonganan, Kuta. Per hari, tumpukan sampah itu mencapai ratusan ton. Guna membersihkan tumpukan sampah yang didominasi sampah plastik tersebut, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung menerjunkan 200 personel yang didukung dua unit loader dan lima truk.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung Putu Eka Marthawan membenarkan kondisi tersebut. Bahkan, tumpukan sampah di pantai berpasir putih itu masuk kategori terparah pekan ini. “Kondisi tiga hari terakhir ini makin parah. Sampah plastik sangat banyak, bahkan ketebalannya mencapai 50 centimeter dan bentangannya sangat panjang,” kata Eka Marthawan Rabu (8/2).

Menurut Eka Marthawan, kondisi ini sudah dilaporkan kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta. “Kami sudah laporkan kondisi ini kepada Bapak Bupati. Kami juga sudah berupaya maksimal untuk menanggulangi serbuan sampah ini,” tegasnya.

Mantan Kabag Humas Badung ini mengaku sudah menerjukan tim sebanyak 200 personel yang didukung dua unit loader dan lima truk. “Tim kami sudah action mulai pukul 07.00 wita. Semoga cuaca ekstrem ini cepat berlalu,” ujarnya.

Dia menambahkan, total seluruh sampah yang diangkut DLHK dari 11 November 2016 hingga 7 Februari 2017 mencapai 4.050 ton sampah dari delapan pantai yang ada di pesisir barat Badung. Angka tersebut terus bertambah, bahkan diprediksi menembus 5.000 ton hingga akhir Februari 2017. Ke depan, pihaknya berupaya melakukan penanganan quick service (pelayanan cepat) dengan syarat semua kebutuhan alat berat terpenuhi. “Kami membutuhkan tiga loader per lokasi, dua mesin sedot dan dua truk untuk satu lokasi dengan personel 15 orang,” katanya merinci.

Dengan adanya penambahan alat berat dan personel, Eka Merthawan optimis tidak ada lagi penumpukan sampah di sepanjang pantai di Badung. “Yang mengambil lain, yang menaikkan lain. Truk pun yang digunakan adalah truk khusus mengangkut sampah laut, bukan truk yang difungsikan untuk pelayanan di jalan,” katanya.

READ  Semarak Malam Puncak HUT Kota Tabanan Ke-523

Usulan penabahan alat berat untuk menangani sampah kiriman di sepanjang pantai di Badung mendapat respons positif dari Pemkab setempat. Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengaku telah melakukan kajian terkait penambahan sarana dan prasarana guna mengatasi masalah sampah laut tersebut. “Kami sudah lakukan gerakan, kajian dan membeli sarana prasarana, sehingga nantinya masalah sampah cepat selesai tertangani,” ungkap Giri Prasta.

Politisi PDI-P ini mengakui, belakangan hampir semua pantai di Badung diserbu sampah. Bahkan, fenomena sampah kiriman ini menjadi aktivitas rutin tahunan. “Masalah sampah kiriman yang melanda pantai-pantai di Badung sampai saat ini masih terjadi. Namun, kami telah melakukan gerakan untuk menganani sampah-sampah tersebut,” ujarnya.

Menurut Giri Prasta, sampah kiriman tersebut merupakan bencana alam, karena datang dari semua lini dan pada akhirnya bermuara di seluruh pantai yang ada di Badung. Tak hanya di Gumi Keris, kawasan pantai lainnya juga kerap dilanda masalah sampah kiriman. “Sampah ini datangnya dari semua lini. Apalagi, laut lebih luas dari daratan. Kami akan melakukan research untuk mengetahui bagaimana menangani dan mencari sumber sampah-sampah tersebut,” tegasnya. (kmb)

2 comments


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

2 Comments

Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana