Portal www.yuk-bali.com, Promosi Hotel Hingga Destinasi Pariwisata di Bali

Portal www.yuk-bali.com, Promosi Hotel Hingga Destinasi Pariwisata di Bali

Ingin mencari informasi tentang hotel, restoran, tour and travel, atau bahkan SPA? Sekarang bisa didapat dengan mudah melalui portal www.yuk-bali.com. Portal yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali ini juga akan menampilkan destinasi-destinasi di Pulau Dewata secara lengkap. Keberadaan www.yuk-bali.com diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali. “Pertama, ini kan milik masyarakat Bali, milik

Ingin mencari informasi tentang hotel, restoran, tour and travel, atau bahkan SPA? Sekarang bisa didapat dengan mudah melalui portal www.yuk-bali.com. Portal yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali ini juga akan menampilkan destinasi-destinasi di Pulau Dewata secara lengkap. Keberadaan www.yuk-bali.com diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bali.

“Pertama, ini kan milik masyarakat Bali, milik pengusaha Bali yang diinisiasi oleh Kadin Bali. Servernya juga di Bali, di Kantor Kadin sehingga kedepannya memang akan kita buat lebih lagi dan ini akan kita sumbangkan ke pemerintah dan sebagainya,” ujar Ketua Kadin Bali A.A. Ngurah Alit Wiraputra di sela-sela grand launching “Go Live Smart Tourism Indonesia, Portal www.yuk-bali.com” di Inna Grand Bali Beach Sanur, Denpasar, Jumat (17/2).

Wiraputra menambahkan, portal ini telah dirancang sejak 1,5 tahun yang lalu. Pasca-grand launching, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi agar semua pelaku pariwisata, khususnya hotel bisa bergabung dalam portal. Apalagi komisi yang dipungut juga kecil, hanya sepuluh persen ketimbang portal lain yang mencapai 18 persen.

“Kita akan sosialisasi yang pertama, kemudian kita akan lihat perkembangannya, yang penting portal ini sekarang harus lengkap dulu. Kita akan melengkapi dengan destinasi wisata yang kita punya. Kemudian bergabungnya kabupaten/kota di sini, sehingga begitu dia lengkap, begitu dia menarik pasti akan banyak yang berkunjung,” jelasnya.

Kendati demikian, lanjut Wiraputra, database hotel dan restoran yang berizin sebetulnya telah masuk semua di dalam portal. Disisi lain, pihaknya juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah provinsi Bali terkait keberadaan portal. Apalagi investasi dan pembiayaan untuk portal ini cukup besar. “Kedepannya, dengan infrastruktur seperti ini harusnya gayung bersambut, pemerintah kan juga sudah mendukung. Presentasi kita ke pemerintah juga sudah berjalan satu tahun. Portal membuatnya gampang, tapi mempromosikan ini butuh kesabaran, teknologi dan biaya,” pungkasnya.

READ  PHRI Bangli Dilantik, Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah

Perwakilan dari Kadin Indonesia, Irwan Ardi Hasnan mengatakan portal www.yuk-bali.com juga merupakan bagian dari portal terpadu Yuk Indonesia. Mulai Oktober 2016, pihaknya melakukan kerja sama dengan 12 provinsi, termasuk Bali. Sementara pembuatan aplikasi portal bekerja sama dengan GCM-Fusionex di Jakarta. “Nanti bisa dilihat kamar hotel kosong, destinasi wisata. Tahun 2017 kami harapkan 34 provinsi bisa semua bergabung,” ujarnya.

Director Marketing GCM-Fusionex Denny WM Tumiwa mengatakan, www.yuk-bali.com juga akan memperlihatkan analisa data dimana saja wisatawan, khususnya asing berkunjung di Bali dan bagaimana nanti pemerintah bisa menganalisa data untuk mengembangkan destinasi wisata. “Nanti bisa diklik daerah tujuan di Bali, analisa data apa yang akan diimplementasikan akan bisa terlihat nanti. Pengusaha hotel dan restoran bisa membangun dan ada sharing data,” jelasnya.

Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mengatakan, keberadaan portal www.yuk-bali.com memberikan harapan terkait pertumbuhan dan perkembangan pariwisata Bali ke depan. Pihaknya optimis pariwisata Bali akan semakin meningkat, karena pada hakekatnya pariwisata tidak bisa dilepaskan dari promosi.

“Promosi bisa dilakukan melalui IT, promosi bisa dilakukan melalui face to face, promosi juga bisa dilakukan melalui pamflet, brosur, dan lain sebagainya. Sekarang sudah dilakukan dengan teknologi canggih melalui website. Ini akan memberikan akses kemudahan dan kecepatan buat para wisatawan maupun para stakeholder pariwisata itu mendapatkan hasilnya lebih cepat lagi,” ujarnya.

Sudikerta berharap, analisis data yang diberikan portal nantinya bisa memberikan semangat bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Mengingat saat ini banyak bermunculan destinasi baru yang menjadi tantangan berat untuk Bali. “Oleh karena itu, penting artinya kita berikan di dalam smart tourism website ini untuk data-data terkait kepariwisataan Bali, sehingga para pengguna jasa pariwisata itu bisa melihat di website sehingga dia bisa tertarik untuk datang ke Bali,” imbuhnya.

READ  Angkat Tema ‘’Ulun Danu’’, PKB Kota Denpasar 2017 Resmi Dibuka

Sudikerta menambahkan, pemerintah juga berkomitmen untuk menjaga eksistensi kepariwisataan Bali. Salah satunya dengan melakukan pembenahan terhadap pengembangan infrastruktur.Bagaimana agar destinasi yang dikunjungi bisa memberikan keamanan, kenyamanan, dan keindahan bagi para wisatawan. (kmb)

12 comments


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

12 Comments

  • Pande Made Cakra
    March 3, 2017, 10:37 PM

    Sangat bagus Bali punya media promosi sendiri, apalagi bisa mencapai jangkauan ke seluruh dunia, sehingga bias mempercepat pertumbuhan ekonomi Bali melalui pariwisata yang semakin merata, tidak hanya di Bali selatan. Tantangan yang dihadapi adanya jasa pelayanan booking hotel, tiket pesawat dll, yang sudah dikenal dan digunakan secara luas. Hendaknya website ini juga menyediakan layanan tsb melalui aplikasi yang cepat.

    REPLY
  • Anak Agung Alit Kartini
    March 12, 2017, 11:18 AM

    Bagaimana cara untuk menjadi anggota, apa saja persyaratannya dan fee yg kita bayar 10% dari apa penjualan atau apa suksma

    REPLY
    • aninekaprihadi@Anak Agung Alit Kartini
      March 13, 2017, 1:33 AM

      dear ibu..untuk nike mohon langsung saja menghubungi kadin bali ngih..suksme

      REPLY
    • made sukerta@Anak Agung Alit Kartini
      March 28, 2017, 4:45 AM

      selamat siang saya mau tanya bagaimana caranya utk bisa menjadi anggota di yuk-bali.com, dan apa saja persyaratan yg harus dipenuhi…..? mohon penjelasannya. terima kasih.

      REPLY
  • yuniar
    March 31, 2017, 11:35 AM

    hotel

    REPLY
  • I Putu Budiasa
    April 13, 2017, 5:33 AM

    Mohon informasi cara bergabung untuk dipromosikan, kami perusahaan yang bergerak dibidang wisata bahari ( water sports)…untuk waktu dan perhatianya kami sampaikan terima kasih.

    Salam

    Putu Budiasa

    REPLY
    • aninekaprihadi@I Putu Budiasa
      April 17, 2017, 1:38 AM

      untuk daftar tolong langsung dgn kadin bali nggih..di jl mawar no 3 denpasar di no 227020
      suksme

      REPLY
  • Gema Bali
    April 29, 2017, 1:18 PM

    Apa untuk daftar online bisa ya ?

    REPLY
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana