Festival Holi di Bali, Penuh Sukacita Untuk Mempererat Pertemanan

Festival Holi di Bali, Penuh Sukacita Untuk Mempererat Pertemanan

Ceria dan penuh suka cita. Anak-anak, para remaja dan orang tua berkumpul di Lapangan Puputan Badung untuk merayakan Festival Holi 2017, Sabtu (18/3). Tak hanya masyarakat India yang tinggal di Pulau Dewata, tetapi juga dimeriahkan oleh masyarakat lokal dan dihadiri oleh Konsulat Jenderal Negara tetangga, seperti Jepang, Australia, Italia, Swiss, perwakilan China dan diplomatic serta

Ceria dan penuh suka cita. Anak-anak, para remaja dan orang tua berkumpul di Lapangan Puputan Badung untuk merayakan Festival Holi 2017, Sabtu (18/3). Tak hanya masyarakat India yang tinggal di Pulau Dewata, tetapi juga dimeriahkan oleh masyarakat lokal dan dihadiri oleh Konsulat Jenderal Negara tetangga, seperti Jepang, Australia, Italia, Swiss, perwakilan China dan diplomatic serta pejabat pemerintahan di Bali.  

Selain menikmati setiap hiburan, peserta perayaan juga turut bergabung dengan penuh suka cita, melemparkan warna Holi dengan bebas satu sama lain sebagai tanda persahabatan dan persaudaraan yang bersifat universal. Sementara, siswi – siswi Indian Culture Centre (ICC) di bawah bimbingan Preeti Sinha mempersembahkan tarian India klasik “Mohe Rang Dolal” dan tarian India kontemporer yang merupakan gabungan dari berbagai lagu Bollywood.

Bazaar Holi berupa stand – stand makanan dari dua restoran India terkemuka yakni Queens of India dan Golden Saffron, sebuah toko bahan makanan Indian Store dan sebuah stand dari ISKCON, memperlihatkan jumlah pengunjung yang besar yang berantusias tinggi mencicipi makanan India, membeli perhiasan serta kerajinan tangan India, dan juga buku-buku spiritual.

Konsul Jenderal India di Bali, R.O. Sunil Babu dalam sambutannya, mengajak seluruh peserta menikmati suka cita Holi. Ia memberikan penjelasan singkat tentang asal mula perayaan Holi dalam mitologi Hindu dan menandai bahwa perayaan tersebut adalah acara untuk bersukacita dan juga untuk mempererat pertemanan yang sudah ada serta membangun pertemanan yang baru.

“Tepat disini, pada tahun 1950, Perdana Menteri India pertama Pandit Jawaharlal Nehru berjumpa dengan masyarakat Bali selama kunjungannya ke Indonesia. Sekarang, (Sabtu, 18 Maret 2017) tempat ini menjadi tempat penyeelenggaran festival India, yaitu saat Konsulat Jenderal India di Bali merayakan Festival Warna, Holi,” kata Sunil Babu.

READ  Alam Tirta Outbound, Pariwisata Adventure di Badung Utara

Holi adalah festival Hindu kuno, yang pada mulanya memiliki banyak cerita. Tetapi paling penting adalah Holi merupakan perayaan akhir musim dingin yang panjang di India dan awal musim semi. Perayaan ini merupakan saat untuk mulai menikmati kelimpahan warna musim semi dan saat untuk mengucapkan selamat tinggal pada musim dingin. “Para peserta bermain dan saling melemparkan warna satu sama lain serta bersuka cita dengan menyanyi dan menari untuk menyambut datangnya musim semi,” ucapnya. (BTN/bud)

Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana