Pantai Labuan Sait Menunggu Anda

Pantai Labuan Sait Menunggu Anda

Kunjungan wisatawan ke objek wisata Uluwatu pada tahun 2016 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, yaitu 1.731.129 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan 12 persen dibandingkan tahun 2015 yang hanya 1.548.080 orang. Ini menunjukkan bahwa objek wisata Uluwatu sudah dikenal di mancanegara. Peningkatan kunjungan itu tidak terlepas dari adanya peningkatan fasilitas pendukung secara menyeluruh yang dilakukan pengelola.

Kunjungan wisatawan ke objek wisata Uluwatu pada tahun 2016 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, yaitu 1.731.129 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan 12 persen dibandingkan tahun 2015 yang hanya 1.548.080 orang. Ini menunjukkan bahwa objek wisata Uluwatu sudah dikenal di mancanegara.

Peningkatan kunjungan itu tidak terlepas dari adanya peningkatan fasilitas pendukung secara menyeluruh yang dilakukan pengelola. ‘’Ini tidak terlepas dari berbagai perbaikan, baik berupa fisik seperti toilet bertaraf internasional, peningkatan masalah kebersihan dan keamaan maupun nonfisik,’’ kata Manajer Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, Wayan Wijana, usai rapat laporan pertanggungjawaban tahun 2016, Sabtu (18/3).

Pantai Labuan Sait Menunggu Anda

Dari sisi pendapatan juga mengalami peningkatan, yaitu Rp 27.900.910.000 tahun 2015 meningkat 57 persen tahun 2016 menjadi Rp 43.866.855.000. Dari pendapatan ini, Rp 17,774 miliar disetorkan ke desa adat, sedangkan 25 persen ke Pemkab Badung. ‘’Peningkatan ini tidak terlepas dari kerja keras semua elemen terkait, seperti SDM, prajuru adat, pemerintah daerah dan pemerintahan Desa Pecatu di samping peran serta dan daya dukung masyarakat Desa Pecatu. Kami akan terus melakukan pembenahan untuk kenyamanan pengunjung,’’ ujarnya.

Wisatawan yang berkunjung masih didominasi mancanegara 72 persen dan wisatawan domestik (wisdom) 28 persen. Ke depan pihaknya berharap kunjungan wisdom juga mengalami peningkatan. ‘’Untuk itu kami akan terus melakukan promosi serta meningkatkan fasilitas, inovasi dalam menambah suguhan atraksi lokal serta pemberdayaan muatan lokal seperti tarian, mejejahitan dan menabuh,’’ jelasnya.

Sementara itu, Daerah Tujuan Wisata (DTW) Labuan Sait yang juga menjadi satu pengelolaan dengan Kawasan Luar Pura Uluwatu yang pada 1 Maret 2016 baru mulai dikenakan retribusi, hingga Desember 2016 jumlah kunjungan mencapai 421.995 orang dan jumlah pendapatan tercatat Rp 3.334.925.000.

READ  Pariwisata Budaya Potensial Tergusur

‘’Pantai Labuan Sait menjadi lokasi favorit bagi wisatawan mancanegara. Ini karena ombak yang besar sangat mendukung olahraga selancar. Selain itu, panorama alamnya indah dengan pasir putih,’’ bebernya.

Bendesa Adat Pecatu Made Sumerta mengungkapkan, tahun 2016 secara keseluruhan jumlah kunjungan dan pendapatan di dua objek wisata tersebut mengalami peningkatan. Ia berharap adanya sejumlah event internasional yang akan berlangsung di Kabupaten Badung bisa berimbas pada kunjungan ke Uluwatu dan Pantai Labuan Sait. Untuk mengatasi kemacetan di jalur menuju Uluwatu, Pemkab Badung diminta segera merealisasikan jalan lingkar.

‘’Pemerintah melalui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam rapat paripurna berkomitmen bahwa Uluwatu akan mendapat perhatian khusus. Objek tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola, karena merupakan salah satu urat nadi tujuan pariwisata unggulan di Badung,’’ paparnya. (BTN/kmb)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana