Magangsing dan Sapi Gerumbungan Ditiadakan dalam “Twin Lake Festival”

Magangsing dan Sapi Gerumbungan Ditiadakan dalam “Twin Lake Festival”

Pemerintah Kabupaten Buleleng mulai melakukan persiapan penyelenggaraan Twin Lake Festival (Danau Buyan-Danau Tamblingan) yang direncanakan berlangsung 22 sampai 25 Juni mendatang. Sesuai rapat Rabu (19/4), acara tahunan ini kemungkinan tak lagi seperti sebelumnya. Lomba gangsing dan sapi gerumbungan yang sempat menjadi pemanis, tak akan ditampilkan. Keterbatasan anggaran digadang-gadang menjadi penyebab hal tersebut. Pada rapat yang

Pemerintah Kabupaten Buleleng mulai melakukan persiapan penyelenggaraan Twin Lake Festival (Danau Buyan-Danau Tamblingan) yang direncanakan berlangsung 22 sampai 25 Juni mendatang. Sesuai rapat Rabu (19/4), acara tahunan ini kemungkinan tak lagi seperti sebelumnya. Lomba gangsing dan sapi gerumbungan yang sempat menjadi pemanis, tak akan ditampilkan. Keterbatasan anggaran digadang-gadang menjadi penyebab hal tersebut.

Pada rapat yang berlangsung di aula Dinas Pertanian Buleleng ini, pembahasan festival dilakukan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mulai dari Dinas Pertanian, Pariwisata, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Satpol PP. S

aat itu masing-masing OPD memaparkan persiapan dan kegiatan yang akan diselenggarakan. Salah satunya terungkap bahwa pada festival yang sudah menginjak tahun ke-4 ini tidak dimeriahkan lomba magangsing yang melibatkan Desa Gesing, Munduk, Gobleg dan Umajero (catur desa). Demikian juga dengan sapi gerumbungan. Keduanya biasanya terselenggara di Danau Tamblingan yang ditangani Dinas Pariwisata.

Magangsing dan Sapi Gerumbungan Ditiadakan dalam “Twin Lake Festival”

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, I Nyoman Sutrisna, saat dikonfirmasi mengatakan tak terselengaranya magangsing dan sapi gerumbungan bukan disebabkan air Danau Tamblingan yang pasang hingga menutup areal yang biasanya dipergunakan. Tetapi karena anggaran yang tak tersedia. “Biaya keduanya cukup besar. Kami harus menyediakan konsumsi untuk banyak orang. Khusus gangsing harus membuat arenanya. Belum lagi sapi gerumbungan menghabiskan biaya angkut lumayan besar. Itu sebabnya tidak diselenggarakan,” jelasnya.

Meskipun demikian, mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Buleleng ini mengusulkan itu akan dipentaskan saat Lovina Festival, yang berlangsung setelah Twin Lake Festival. “Nanti kami usulkan di anggaran perubahan. Itu rencananya akan digeser ke Lovina Festival,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Buleleng, I Nyoman Swatantra, selaku pemimpin rapat menjelaskan pada rapat perdana ini, kemasan festival yang disampaikan sejumlah OPD ada yang mengalami pengembangan, seperti Disdikpora yang akan mengadakan trail and running dan yoga yang mampu melibatkan masyarakat banyak.

READ  Dikhawatirkan, Lahan Terendam Air Danau Buyan Makin Meluas

Tetapi ada pula yang masih persis seperti tahun lalu, yakni pameran berbagai produk UMKM, produk pertanian, makan ikan, dan lomba pedau. Hal ini akan digodok lebih mendalam supaya nantinya dapat memberikan nuansa yang berbeda. “Ini akan kami godok lagi. Sesuai arahan Pak Bupati, tahun ini harus ada hal berbeda. Masyarakat yang dilibatkan biar lebih banyak lagi. Kami juga berharap magangsing dan sapi gerumbungan biar tetap ada,” ungkapnya.

Penyelenggaran festival kali ini, sambung dia juga berbeda dari sisi lingkungan, yakni air danau yang pasang. Hal tersebut dikhawatirkan berdampak pada ketersediaan tempat acara. Menyikapi itu, persiapan akan lebih dimaksimalkan lagi. “Tentunya kami terus mendorong supaya persiapannya sebaik mungkin,” ucapnya.

Sementara itu, disinggung dampak festival sebelumnya untuk masyarakat sekitar, kata Swatantra cukup dirasakan, salah satunya komoditi pertanian yang bisa diperkenalkan ke pengunjung. Singkatnya, acara ini bisa menjadi ajang promosi untuk potensi Kabupaten Buleleng, terutama wilayah Desa Pancasari. (BTN/kmb)

Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Soham Welness Center
Wapa Di Ume
Pramana