Karangasem Masuk 10 Kota Pusaka Terbaik Se-Indonesia

Karangasem Masuk 10 Kota Pusaka Terbaik Se-Indonesia

Warisan pusaka merupakan aset masyarakat yang perlu dilestarikan dan dikelola. Sebab, setiap warisan pusaka memiliki nilai yang bermanfaat serta relevan bagi kelangsungan kehidupan umat manusia, baik itu masa kini maupun masa datang. Keberadaan aset-aset tersebut sudah tentunya tersebar di setiap daerah. Hal ini terjadi erat kaitannya dengan hubungan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan dan budaya

Warisan pusaka merupakan aset masyarakat yang perlu dilestarikan dan dikelola. Sebab, setiap warisan pusaka memiliki nilai yang bermanfaat serta relevan bagi kelangsungan kehidupan umat manusia, baik itu masa kini maupun masa datang. Keberadaan aset-aset tersebut sudah tentunya tersebar di setiap daerah. Hal ini terjadi erat kaitannya dengan hubungan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan dan budaya serta tradisi yang berkembang pada suatu tempat dari waktu ke waktu.

Di samping itu, pusaka sendiri tidak selalu berupa hasil cipta karsa, rasa serta karya manusia. Juga bentukan alam dan bentangannya yang bersifat istimewa, unik dan merupakan sumber daya yang tak dapat tergantikan. Aset-aset pusaka tersebut secara umum dikategorikan menurut sifat serta nilai yang dikandungnya menjadi pusaka alam, pusaka budaya ragawi, pusaka budaya tak ragawi, dan pusaka saujana.

Merujuk pada klasifikasi aset pusaka tersebut, dapat diasumsikan betapa beranekaragamnya potensi pusaka yang tersebar di wilayah Indonesia, termasuk Kabupaten Karangasem. Karangasem sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi aset pusaka tentunya perlu untuk mendorong berbagai kegiatan yang bermuara pada usaha-usaha pelestarian aset pusaka, baik melalui kegiatan pembangunan fisik maupun kegiatan pemberdayaan masyarakat yang juga merupakan bagian dari mewujudkan Kabupaten Karangasem yang makmur dan sejahtera.

Terkait dengan hal tersebut, Kabupaten Karangasem telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu Kota Pusaka. Ini akan terus didorong menuju Kota Pusaka yang memperoleh pengakuan dunia yang tentunya jika hal ini tercapai, akan menjadi kebanggaan daerah di kancah nasional maupun internasional. Dengan melihat tujuan tersebut, setelah melalui serangkaian kegiatan perencanaan, maka disepakati sejak tahun 2013 sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam mendukung Karangasem sebagai Kota Pusaka, dilakukan inventarisasi aset-aset pusaka yang ada.

READ  Bali Destinasi Populer di Dunia

“Pendataan aset pusaka ini, membuat database yang lengkap, akurat serta komprehensif. Sehingga, program lanjutan yang akan direncanakan dapat berjalan lebih tepat sasaran,” kata Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Inventarisasi aset pusaka ini menjadi begitu penting untuk selanjutnya melakukan kegiatan-kegiatan pelestarian dan pengelolaan aset pusaka selanjutnya. Karena setiap aset pusaka yang ada, akan teridentifikasi dengan baik dalam sebuah dokumen yang dapat dijadikan rujukan bersama. Sejak tahun 2013, setiap tahun dilakukan inventarisasi aset kota pusaka di dua kecamatan. Seperti tahun 2013, di Kecamatan Abang dan Kubu, 2014 untuk Kecamatan Bebandem dan Karangasem, selanjutnya tahun 2015 Kecamatan Rendang dan Selat serta tahun 2016 Kecamatan Manggis dan Sidemen.

Karangasem masuk dalam kategori A kota pusaka, yakni sebagai 10 Kota Pusaka terbaik se-Indonesia. Dengan status kota pusaka, anggaran miliaran rupiah mengalir ke Karangasem sejak beberapa tahun terakhir. Seperti anggaran Rp 5 miliar untuk penataan salah satu aset Kota Pusaka Desa Tenganan Pegringsingan. Dengan anggaran sebesar itu, digunakan untuk perbaikan beberapa sarana fasilitas pariwisata pendukung, tanpa mengubah unsur heritage-nya. Tenganan Pegringsingan sudah terdaftar sebagai aset kota pusaka Karangasem sejak tahun 2011. Sebagai pemanfaatan aset pusaka, di sana tahun 2013 pernah diselenggarakan Gelar Pusaka Tenganan Pegringsingan. Dengan status sebagai kota pusaka, pemerintah daerah berharap berbagai aset kota pusaka lainnya di Karangasem tetap dapat dilestarikan. (kmb)

Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana