Diharapkan, Proyek ‘’ Underpass ’’ Rampung Oktober 2018, Apa Kendalanya? Biayanya Darimana?

Diharapkan,  Proyek ‘’ Underpass ’’ Rampung Oktober 2018, Apa Kendalanya? Biayanya Darimana?

DPRD Bali optimis proyek underpass Simpang Patung Ngurah Rai Tuban bisa rampung Oktober 2018 mendatang. Menyusul, Pemkab Badung yang telah menyatakan siap menganggarkan Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan. Bila ada kendala dalam pembebasan lahan, proyek underpass dikhawatirkan tidak bisa rampung tahun depan. “Kami memberikan apresiasi terhadap Pemkab Badung yang telah siap menganggarkan Rp 100

DPRD Bali optimis proyek underpass Simpang Patung Ngurah Rai Tuban bisa rampung Oktober 2018 mendatang. Menyusul, Pemkab Badung yang telah menyatakan siap menganggarkan Rp 100 miliar untuk pembebasan lahan. Bila ada kendala dalam pembebasan lahan, proyek underpass dikhawatirkan tidak bisa rampung tahun depan.

“Kami memberikan apresiasi terhadap Pemkab Badung yang telah siap menganggarkan Rp 100 miliar untuk anggaran pembebasan lahan proyek underpass simpang patung Ngurah Rai,” ujar Wakil Ketua DPRD Bali, Nyoman Sugawa Korry, saat  dikonfirmasi Kamis (18/5) .

Sugawa berharap masalah pembebasan lahan serta koordinasi dengan pihak Bandara Ngurah Rai bisa selesai Agustus mendatang. Koordinasi terkait ketinggian alat, pemindahan pipa PDAM, tiang dan kabel listrik PLN serta pembebasan Tahura harus dilakukan secara intensif. Sebab, koordinasi juga dapat memengaruhi proses tender anggaran 2017 sebesar Rp 49 miliar.

“Diharapkan bulan Oktober 2018, proyek underpass sudah selesai, karena setelah itu ada agenda internasional yang besar dilaksanakan di Bali,” imbuh politisi Golkar ini. Sugawa menambahkan, DPRD Bali juga akan segera merespons dengan melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait. Dengan demikian, masalah-masalah yang masih ada bisa ditangani secara terkoordinatif. Pada 16 Mei lalu, pihaknya juga sudah menyampaikan aspirasi bersama Komisi III DPRD Bali ke Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR. Saat itu, dewan mendapatkan informasi mengenai anggaran yang disiapkan Kementerian PUPR untuk membiayai proyek underpass.

“Dari Kementerian PUPR total mengganggarkan Rp 209,710 miliar untuk program underpass dalam mengatasi kemacetan di simpang patung Ngurah Rai-tol Bali Mandara. Masing-masing, tahun 2017 sebesar Rp 49,67 miliar dan Rp 160,03 miliar di tahun 2018,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mengatakan, Pemkab Badung akan menanggung seluruh biaya pembebasan lahan, baik untuk proyek underpass Simpang Patung Ngurah Rai Tuban, dan pelebaran jalan Simpang Unud, Jimbaran. Sejauh ini tidak ada permasalahan dalam proses pembebasan lahan yang sedang berlangsung. Sosialisasi tahap pertama telah dilakukan dan segera dilakukan sosialisasi tahap kedua, sebelum kemudian dibentuk Tim Appraisal.

READ  Masyarakat Tanjung Benoa Khawatirkan Rencana Penutupan Pulau Penyu

“Komitmen Bapak Bupati sudah jelas, untuk pembebasan lahan akan ditanggung oleh Pemkab Badung, sedangkan pembangunan fisik dananya sepenuhnya dari Kementerian PUPR,” jelas Sekda Adi Arnawa, Rabu (17/5).

Kepala Dinas PUPR Badung I.B. Surya Suamba didampingi Kabid Bina Marga Sang Nyoman Oka Permana menjelaskan, pada awalnya kebutuhan pembebasan lahan untuk proyek underpass Simpang Patung Ngurah Rai Tuban, sekitar 40 are. Akan tetapi setelah dilakukan revisi gambar, lahan yang dibebaskan hanya 25 are. “Kita menghindari pembebasan lahan yang mengenai tempat suci milik warga,” terang Surya Suamba. Sedangkan untuk proyek pelebaran jalan di Simpang Unud, Jimbaran dibutuhkan pembebasan lahan seluas 4,29 are.

Ditanya mengenai sejauh mana proses pembebasan, Surya Suamba menjelaskan saat ini sedang dilakukan pengukuran lapangan setelah sebelumnya dilakukan sosialisasi tahap pertama. Perencanaan selanjutnya adalah akan dilakukan sosialisasi lanjutan kepada warga yang lahannya terkena pembebasan. Setelah sosialisasi baru kemudian dilanjutkan dengan pembentukan Tim Appraisal untuk menentukan harga tanah. (BTN/kmb)

Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana