Kemenpar Targetkan 762.000 Wisatawan Jepang

Kemenpar Targetkan 762.000 Wisatawan Jepang

Maskapai Japan Airlines kembali melakukan penerbangan langsung dari Narita ke Denpasar, Sabtu (17/6). Penerbangan kali ini merupakan charter flight menggunakan Boeing 767-300 yang akan terbang selama tiga kali di tanggal 17, 20, dan 23 Juni. Sebelumnya Japan Airlines sempat membuka penerbangan langsung ke Jepang dengan jumlah penumpang 400 pax per hari. Namun, penerbangan tersebut dihentikan

Maskapai Japan Airlines kembali melakukan penerbangan langsung dari Narita ke Denpasar, Sabtu (17/6). Penerbangan kali ini merupakan charter flight menggunakan Boeing 767-300 yang akan terbang selama tiga kali di tanggal 17, 20, dan 23 Juni. Sebelumnya Japan Airlines sempat membuka penerbangan langsung ke Jepang dengan jumlah penumpang 400 pax per hari.

Namun, penerbangan tersebut dihentikan pada 30 September 2010 dikarenakan faktor internal perusahaan. Sedangkan selama ini penerbangan langsung dari Jepang ke Indonesia dilayani Garuda Indonesia yang terbang dari Narita dan Haneda ke Jakarta dan Denpasar. Sementara penerbangan nasional Jepang, seperti Ana Airlines dan Japan Airlines, hanya mempunyai rute penerbangan ke Jakarta.

‘’Meskipun hanya charter flight, peluang ini merupakan kesempatan yang baik untuk mendatangkan wisatawan Jepang ke Indonesia. Sampai dengan saat ini, jumlah penumpang yang akan diterbangkan dari Jepang mencapai 587 pax,’’ kata Ratna Suranti, Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Patiwisata.

Menurut Ratna, Jepang merupakan salah satu pasar utama target wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kementerian Pariwisata menargetkan 762.000 wisatawan dari Jepang pada 2017. Dijelaskannya, Kementerian Pariwisata pada tahun ini menfokuskan pada aksesibilitas sehingga selalu mendorong maskapai asing maupun nasional untuk membuka rute dari negara-negara pasar utama ke Indonesia.

‘’Komitmen penuh Kementerian Pariwisata ditunjukkan dengan persiapan penyambutan charter flight perdana Japan Airlines dengan kesenian Bali, pemberian suvenir, dan refreshments untuk para penumpang,’’ ujarnya saat ditemui di sela penyambutan kedatangan penumpang dari Jepang di Bandara Ngurah Rai, Sabtu (17/6).

Dikatakannya, selain Japan Airlines, maskapai AirAsia telah membuka penerbangan Narita ke Denpasar, Mumbai ke Denpasar, serta Sriwijaya Air yang akan terbang dari Guangzhou ke Tarakan pada 10 Juli 2017 yang dicarter Dong Fang Travel di Tiongkok.

READ  Menebar Benih Ikan di Danau Batur

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A.A. Gede Yuniartha Putra mengatakan, penerbangan ini sebagai test case dari Japan Airlines. Karena untuk mendatangkan pesawat ke suatu negara, memang membutuhkan suatu investasi yang sangat besar. ‘’Dengan charter flight ini, diharapkan peminat masyarakat Jepang yang ingin ke Bali akan lebih mudah,’’ harapnya. (kmb)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Soham Welness Center
Wapa Di Ume
Pramana