Pejaten Kembangan Keramik Kontemporer

Pejaten Kembangan Keramik Kontemporer

Desa Pejaten bukan saja menjadi sentra pembuatan genteng, juga dikenal dengan kerajinan keramiknya. Sudah cukup lama keramik produksi pejaten, namun belum  seberapa dibandingkan keramik Jepang dan Cina yang merajai pasar ekspor. Untuk mengangkat nilai jual keramik itu di Pejaten saat ini sedang dikembangkan keramik kontemporer. Sayangnya teknik ini belum umum diterapkan di Pejaten. Salah satu

Desa Pejaten bukan saja menjadi sentra pembuatan genteng, juga dikenal dengan kerajinan keramiknya. Sudah cukup lama keramik produksi pejaten, namun belum  seberapa dibandingkan keramik Jepang dan Cina yang merajai pasar ekspor. Untuk mengangkat nilai jual keramik itu di Pejaten saat ini sedang dikembangkan keramik kontemporer. Sayangnya teknik ini belum umum diterapkan di Pejaten.

Salah satu pengembang keramik di Pejaten sekaligus pemilik museum Tanteri atau museum keramik di Pejaten Putu Oka Mahendra, Minggu (16/7) mengatakan perkembangan industri kerajinan keramik di Desa Pejaten masih kalah  dibandingkan Jepang dan Cina. Padahal kerajinan keramik di Desa Pejaten sudah  dikembangkan sejak tahun 60-an.

Agar keramik Pejaten memiliki nilai jual lebih tinggi dan tentu saja bisa bersaing. Oka Mahendra berkeinginan mengembangkan keramik kontemporer yang bernilai seni. Menurutnya, pengembangan keramik sebagai seni masih sangat minim di Tabanan. Hal ini karena keterbatasan seniman. Potensi  keramik sebagai barang seni menjanjikan di luar negeri. Nilai keramik itu mahal. Tidak jarang bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Agar bisa mengembangkan keramik kontemporer ini,  pihak Museum Tanteri beberapa kali mengundang seniman asing untuk melakukan eksibisi dan karyanya di simpan di Museum Tanteri. Salah satunya adalah seniman keramik asal Singapura, Steven Low pada 2015. (kmb)

READ  Pesona Budaya Mertasari Perkuat Daya Tarik Wisata


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana