Balap Sampan Menyusuri Muara Perancak

Balap Sampan Menyusuri Muara Perancak

Puluhan sampan kayu mengikuti lomba menyusuri muara Perancak hingga ke Sungai Samblong, Kelurahan Sangkaragung, Kabupaten Jembrana, Rabu (9/8). Event tahunan yang masuk dalam agenda Jembrana Festival (J-Fest) ke-2 dan HUT ke-122 Kota Negara ini mengambil start di sungai dekat Pura Gede Perancak. Sebanyak 84 peserta ambil bagian dalam lomba ini. Jarak yang ditempuh peserta kurang

Puluhan sampan kayu mengikuti lomba menyusuri muara Perancak hingga ke Sungai Samblong, Kelurahan Sangkaragung, Kabupaten Jembrana, Rabu (9/8). Event tahunan yang masuk dalam agenda Jembrana Festival (J-Fest) ke-2 dan HUT ke-122 Kota Negara ini mengambil start di sungai dekat Pura Gede Perancak. Sebanyak 84 peserta ambil bagian dalam lomba ini.

Jarak yang ditempuh peserta kurang lebih 6 kilometer untuk mencapai finis. Sebelum sampai di finis, peserta menyusuri rute aliran sungai melintasi kawasan mangrove di Perancak dan Budeng.

Koordinator Lomba Sarya Widana mengatakan, jumlah peserta tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya yang sekitar 70 orang. Seluruh peserta yang bisa sampai di finis diberikan hadiah uang tunai. Tidak ada persyaratan khusus, hanya sampan yang digunakan harus berbahan kayu, bukan fiber. Satu perahu terdiri atas dua pendayung.

Juara I diraih pasangan Gede Sandi dan Wayan Taler asal Samblong. Pedagang bakso ini mengaku tidak melakukan persiapan khusus, tetapi sering melintasi jalur itu ketika hendak memancing ikan yang menjadi hobinya.

Bupati Jembrana I Putu Artha yang hadir dalam kegaitan itu mengatakan agenda lomba sampan sangat positif. Menurutnya, aturannya harus dipertegas dan bila memungkinkan disediakan kategori khusus. Tidak hanya balap, melainkan juga diisi lomba mengangkat sampah terbanyak. Dengan demikian, sungai bisa dijaga kebersihannya dan peserta tidak hanya berpacu sebagai yang tercepat. (BTN/kmb)

READ  Akankah Raja Salman Berkunjung ke Pura Besakih?


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana