Ingin Tahu Banyak tentang Subak? Kunjungi Festival Subak di Karangasem 14-16 September 2017

Ingin Tahu Banyak tentang Subak? Kunjungi Festival Subak di Karangasem 14-16 September 2017

Festival Subak yang dipusatkan di Lapangan Mamed, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem,  dimulai Kamis (14/9) . Event perdana yang diarahkan sebagai media pendidikan pertanian untuk generasi muda itu  diawali parade budaya dan parade gebogan. Event itu  menampilkan produk-produk pertanian desa adat se-Karangasem. Festival yang juga diarahkan mengedukasi petani dan masyarakat untuk menerapkan teknologi pertanian dan

Festival Subak yang dipusatkan di Lapangan Mamed, Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem,  dimulai Kamis (14/9) . Event perdana yang diarahkan sebagai media pendidikan pertanian untuk generasi muda itu  diawali parade budaya dan parade gebogan. Event itu  menampilkan produk-produk pertanian desa adat se-Karangasem.

Festival yang juga diarahkan mengedukasi petani dan masyarakat untuk menerapkan teknologi pertanian dan menumbuhkan ekonomi kreatif berbasis pertanian itu akan diselengarakan selama tiga hari sampai Sabtu (16/8) lusa. Pada hari pertama kegiatan dipusatkan di Lapangan Mamed. Sedangkan aplikasi teknologi pertanian digelar di Subak Hyang Taluh, Desa Sidemen.

Festival ini juga akan dikunjungi para buyer yang mengikuti Karangasem Travel Mart di Taman Sukasada Ujung. ‘’Pembukaan festival ini rencanya pukul 15.00 Wita. Tetapi sebelum itu para pengunjung dan undangan akan meninjau demplot-demplot pertanian di Subak Hyang Taluh,’’ ungkap Kepala Dinas Pertanian Karangasem I Wayan Supandi, Rabu (13/9) .

Demplot tanaman di lahan seluas 1,3 hektar itu menampilkan 23 jenis tanaman, mulai padi, palawija, sayur-sayuran seperti kedelai edamame, buncis, tomat, cabai, mentimun dan berbagai jenis tanaman pertanian lainnya. Dengan tata tanam sedemikian rupa, setiap pengunjung dapat melihat-lihat komoditas pertanian yang disemai dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Kegiatan farm trip juga tetap akan dibuka selama berlangsungnya festival. Selain menampilkan demplot tanaman, panitia juga menampilkan kandang ternak percontohan untuk ternak sapi dan kambing gembrong.

Festival subak itu, kata Supandi, juga diharapkan mampu memotivasi anak-anak sekolah untuk nantinya terjun ke sektor pertanian. Beranjak dari tujuan tersebut, festival akan diisi workshop melibatkan kalangan pelajar dan lomba karya ilmiah pertanian tingkat SMA dengan tema ‘’Saya Bangga Menjadi Petani’’.

READ  Adrenaline Pumping Sport by River Tubing in Penet River

‘’Kegiatan lomba dan karya ilmiah juga diselenggarakan pada hari kedua. Selain itu ada demo alat pertanian, bursa hasil pertanian, forum petani muda, lomba unjuk keterampilan, merangkai bunga, membuat lelakut dan  fruitcarving ,’’ terangnya.

Meski baru dibuka , demplot-demplot tanaman di Subak Hyang Taluh   sudah ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Fenomena itu sejalan dengan misi lain festival yaitu menginisiasi tumbuhnya sinergi pertanian dan pariwisata. (BTN/kmb)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana