Patung Penyu, Maskot Pantai Penimbangan

Patung Penyu, Maskot Pantai Penimbangan

Aktivitas pelestarian penyu secara swadaya oleh Kelompok Nelayan (KN) Sari Segara, Pantai Penimbangan, makin menggeliat belakangan ini. Menunjukkan aktivitas di bidang konservasi laut itu, Jumat (20/10), nelayan bersama penggiat save penyu, perwakilan instansi terkait dan aparat Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng melakukan upacara peletakan batu pertama pembangunan patung penyu. Patung ini dibangun di simpang tiga jalan

Aktivitas pelestarian penyu secara swadaya oleh Kelompok Nelayan (KN) Sari Segara, Pantai Penimbangan, makin menggeliat belakangan ini. Menunjukkan aktivitas di bidang konservasi laut itu, Jumat (20/10), nelayan bersama penggiat save penyu, perwakilan instansi terkait dan aparat Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng melakukan upacara peletakan batu pertama pembangunan patung penyu. Patung ini dibangun di simpang tiga jalan menuju lokasi penangkaran penyu di sebelah timur Pura Segara Penimbangan.

Penggiat save penyu Dedy Yastika mengatakan, aktivitas pelestarian penyu dan taman terumbu karang di Pantai Penimbangan belakangan ini semakin menggeliat. Sejalan dengan kondisi itu, pihaknya bersama nelayan, aparat desa, dan dukungan pihak swasta membangun patung penyu di pintu masuk menuju kawasan konservasi penyu dan taman terumbu karang Pantai Penimbangan.

Pembangunan patung penyu ini penting untuk menunjukkan kepada publik bahwa Pantai Penimbangan tidak saja sebagai objek wisata, tetapi pantai ini juga menjadi tempat pelestarian penyu dan taman terumbu karang. Hal ini didukung dengan keberadaan populasi penyu dan taman terumbu karang yang mulai terjaga dengan baik.

Dari identitas melalui perwujudan patung tersebut, Dedy optimis wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal semakin tertarik untuk mengunjungi Pantai Penimbangan. “Kami membuat patung ini setelah pelestarian penyu membuahkan hasil. Kami sekarang terus menggalakkan pelestarian dan patung ini sebagai ikon Pantai Penimbangan sebagai daerah tujuan wisata dan juga mengajak semua pihak untuk tetap peduli terhadap kelestarian laut dengan hewan laut yang langka salah satunya penyu,” jelasnya. (BTN/kmb)

READ  Raih Desa Wisata Award, Guliang Kangin Terus Berbenah


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana