Mengapa Sektor Kerajinan Mampu Bertahan di Tengah Kelesuan Ekonomi? Ini Jawabannya.

Mengapa Sektor Kerajinan Mampu Bertahan di Tengah Kelesuan Ekonomi? Ini Jawabannya.

Di tengah melesunya ekonomi global, industri kerajinan di Kabupaten Gianyar mampu terus berkembang. Sinergi antara sektor kerajinan dan pariwisata adalah salah satu faktor yang mendukung ketahanan sektor kerajinan di Gianyar. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gianyar Made Windia Berata. Menurutnya, industri kerajinan merupakan salah satu pendukung industri pariwisata. Keunikan dan ciri khas produk usaha

Di tengah melesunya ekonomi global, industri kerajinan di Kabupaten Gianyar mampu terus berkembang. Sinergi antara sektor kerajinan dan pariwisata adalah salah satu faktor yang mendukung ketahanan sektor kerajinan di Gianyar. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gianyar Made Windia Berata.

Menurutnya, industri kerajinan merupakan salah satu pendukung industri pariwisata. Keunikan dan ciri khas produk usaha kecil dan menengah terutama yang bergerak di bidang kerajinan di masing-masing kecamatan juga menjadi salah satu faktor penentu. Dia mencontohkan, di Desa Celuk terkenal dengan kerajinan peraknya, Desa Bona dengan anyaman bambu, Blahbatuh dengan industri tenun dan Tampaksiring dengan ukirannya.

”Kami di Dekranasda juga selalu turun memberikan pembinaan, sehingga kami tahu apa yang menjadi permasalahan mereka dan berusaha dicarikan solusinya,” jelas Windia Berata, Jumat (10/11).

Dekranasda juga berupaya memberikan kesempatan pada para perajin binaan untuk mengikuti berbagai event pameran, baik itu tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Lewat pameran inilah perajin dapat berinteraksi langsung dengan buyer dengan skala penjualan yang lebih besar.

Tidak hanya itu, jika ada peluang, pihaknya juga sering mengikutsertakan perajin yang produknya saling mendukung untuk ikut pameran. Misalnya dalam suatu event pameran, selain perajin perhiasan juga ikut serta perajin kain tenun, perajin tas atau asesoris lainnya. ”Jadi, begitu para pembeli memasuki stan Kabupaten Gianyar, sudah tersedia semuanya,” katanya. (BTN/kmb)

READ  Setra Ari-Ari di Desa Wisata Bayunggede


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana