Pujawali Pura Sakenan

Pujawali Pura Sakenan

Pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (11/11), umat Hindu melakukan persembahyangan di Pura Sakenan, Desa Pekraman Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. Tak terkecuali Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra berserta Pimpinan dan staf OPD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkod) Denpasar juga melakukan persembahyangan di Pura Sakenan yang juga bertepatan dengan puncak Karya Pujawali di pura tersebut. Persembahyangan bersama

Pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (11/11), umat Hindu melakukan persembahyangan di Pura Sakenan, Desa Pekraman Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan. Tak terkecuali Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra berserta Pimpinan dan staf OPD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkod) Denpasar juga melakukan persembahyangan di Pura Sakenan yang juga bertepatan dengan puncak Karya Pujawali di pura tersebut.

Persembahyangan bersama dipuput dua sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Putra Telaga dan Ida Pedanda Sari Arimbawa. Pelaksanaan puncak pujawali ini terasa sangat khusuk  diiringi dengan tarian wali, topeng, kidung dan gambelan. Pujawali ini merupakan suatu wujud rasa syukur yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar.

Panitia Karya Ida Bagus Gede Pidada mengatakan pujawali kali ini menggunakan pebangkit disertakan pula pakelem alit ke segara. Pujawali kali ini didukung oleh pemkot Denpasar dengan segala fasilitas. Pura Sakenan diempon oleh Puri Kesiman dan didukung empat desa adat yakni Desa Adat Serangan selaku pemiliki wilayah, Desa Adat Pemogan, Desa Adat Kepaon dan Desa Adat Kelan.

Lurah Serangan Wayan Karma mengatakan, upacara pujawali ini secara rutin dilaksanakan  bertepatan pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan dilaksanakan selama 5 hari dan penyineban pada hari Selasa mendatang. “Kami berharap pemedek tidak berbondong-bondong tangkil pada puncak ataupun pada Manis Kuningan karena Ida Bathara akan ngejer selama tiga hari dan pada hari Selasa (14/11) karya baru masineb,” ujarnya. (BTN/bud)

READ  Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Kawasan Pantai Balangan akan Ditata


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana