Wujudkan Banjar Bugbugan Sebagai Desa Wisata

Wujudkan Banjar Bugbugan Sebagai Desa Wisata

Keinginan warga Banjar Bugbugan, Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Tabanan untuk menjadikan daerahnya sebagai desa wisata tampaknya semakin terang. Lihat saja, kegembiraan mereka pada acara seminar desa wisata yang berlangsung di balai banjar, setempat Senin (13/11). Masyarakat antosias mengikuti seminar yang menghadirkan tiga narasumber yaitu Mangku Nyoman Kandia, Sugi Lanus dan anggota DPR RI

Keinginan warga Banjar Bugbugan, Desa Marga Dajan Puri, Kecamatan Marga, Tabanan untuk menjadikan daerahnya sebagai desa wisata tampaknya semakin terang. Lihat saja, kegembiraan mereka pada acara seminar desa wisata yang berlangsung di balai banjar, setempat Senin (13/11). Masyarakat antosias mengikuti seminar yang menghadirkan tiga narasumber yaitu Mangku Nyoman Kandia, Sugi Lanus dan anggota DPR RI Gede Sumarjaya Linggih.

Ketiga narasumber itu memberikan pemahaman untuk mengembangkan Banjar Bugbugan menjadi tempat kunjungan wisatawan. Masing-masing narasumber berbagi pengalaman tentang kepariwisataan dengan konsep desa. Sugi Lanus misalnya, telah sukses mengembangkan sejumlah desa wisata di Bali untuk menjadi tempat kunjungan wisatawan, salah satunya Desa Nyambu.

Perbekel Desa Marga Dajan Puri, Made Rasma mengatakan, konsep desa wisata yang akan dikembangkan yakni menjadikan rumah penduduk sebagai tempat menginap para turis. Dengan memenuhi standar wisatawan, salah satunya dengan kamar kecil yang bersih. “Adanya wisatawan menginap, warga mendapat keuntungan tidak hanya dari sewa kamar namun juga makanan laku untuk breakfast. Wisatawan juga bisa berbaur dengan masyarakat sebagai tukang ukir dan penggelut tanaman hias,” ungkapnya.

Sugi Lanus mengatakan, rumah penduduk tak mesti mewah, syarat mutlak adalah bersih dan toilet standar wisatawan. Sebagai pembandfing, Sugi Lanus menunjukkan rumah-rumah penduduk di Jepang dan negara lain yang disewakan untuk wisatawan. Sedangkan Gede Sumarjaya Linggih siap membantu mengembangkan kembangkan dengan mengangkat pesona dan budaya di Desa Marga Dajan Puri. (BTN/bud)

READ  Pemerintah Bangli Ngaturang Bhakti Penyineb


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana