”Mangupura Award” untuk Desa Berprestasi

”Mangupura Award” untuk Desa Berprestasi

Pemerintah Kabupaten Badung berencana memberikan penghargaan (reward) kepada desa berprestasi dari 46 desa yang ada. Langkah ini untuk merangsang masyarakat desa lebih kreatif memajukan wilayahnya dalam berbagai sektor. Sekretaris Daerah (Sekda) Badung Wayan Adi Arnawa mengatakan, penghargaan akan diberikan berupa dana yang dialokasikan dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR). “Kami akan memberikan Mangupura Award

Pemerintah Kabupaten Badung berencana memberikan penghargaan (reward) kepada desa berprestasi dari 46 desa yang ada. Langkah ini untuk merangsang masyarakat desa lebih kreatif memajukan wilayahnya dalam berbagai sektor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung Wayan Adi Arnawa mengatakan, penghargaan akan diberikan berupa dana yang dialokasikan dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR). “Kami akan memberikan Mangupura Award bagi desa berprestasi. Misalnya, desa X selama ini mendapat Rp 10 miliar, karena berprestasi desa itu bisa mendapatkan lebih,” ujar Adi Arnawa, Kamis (16/11).

Menurut Adi Arnawa, dana yang diberikan kepada desa berprestasi merupakan sisa dari penyisihan PHR yang selama ini telah diberikan kepada desa. Desa yang berhak mendapatkan penghargaan ini harus memenuhi kriteria, seperti pelayanan publik, tata pemerintah, lingkungan dan RTR yang baik. “Desa yang mau mendapatkan penghargaan harus berprestasi. Seperti pelayanan publiknya bagaimana, tata pemerintahanya bangaimana, tempat pembuangan sampahnya, tamannya bagaimana, jadi desa tidak diam,” ungkapnya.

Birokrat asal Pecatu, Kuta Selatan ini mengatakan, penghargaan tidak hanya dirancang untuk desa, melainkan untuk masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berprestasi. “Ke depan semua masyarakat, pemerintahan, lembaga dan desa yang berprestasi akan diberikan reward,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung I Wayan Suambara menjelaskan, bagi perangkat daerah dan pemerintahan desa ada tujuh kategori yang akan menjadi penilaian, yaitu penatausahaan aset daerah, tata kelola keuangan daerah, tata kelola arsip, disiplin PNS, tata kelola pelayanan publik, program inovasi serta akuntabilitas kinerja. “Di samping penganugrahan award yang berbasis penilaian tersebut, Mangupura Award juga akan diberikan kepada krama Badung yang memperoleh pengakuan atas prestasinya di tingkat provinsi, nasional, regional bahkan mungkin internasional,” katanya.

READ  PHRI Bangli Dilantik, Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah

Pengakuan tersebut, kata Suambara di antaranya meliputi bidang Kesehatan, pendidikan dan olahraga serta bidang seni dan budaya. Penilaian akan dilakukan selama tiga bulan terhadap tujuh kategori tersebut yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. (BTN/kmb)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana