1.500 Penari ”Rejang Dewa” Buka Nusa Penida Festival

1.500 Penari ”Rejang Dewa”  Buka Nusa Penida Festival

Nusa Penida Festival IV dilaksanakan Pemkab Klungkung. Pembukaannya berlangsung, Rabu (6/12). Event tahunan yang ditutup 9 Desember 2017 ini digelar di Pantai Mahagiri, Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Itu akan dimeriahkan berbagai acara. Ada pula upacara pakelem yang diiringi mulai dari pementasan 1.500 penari Rejang Dewa, tari sakral Sang Hyang Jaran dan

Nusa Penida Festival IV dilaksanakan Pemkab Klungkung. Pembukaannya berlangsung, Rabu (6/12). Event tahunan yang ditutup 9 Desember 2017 ini digelar di Pantai Mahagiri, Desa Jungut Batu, Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida. Itu akan dimeriahkan berbagai acara. Ada pula upacara pakelem yang diiringi mulai dari pementasan 1.500 penari Rejang Dewa, tari sakral Sang Hyang Jaran dan Baleganjur.

Panitia acara Wayan Gede Abhyudaya menyatakan secara keseluruhan rangkaian pelaksanaan acara sudah siap. Khusus untuk upacara pakelem sebagai wujud syukur dan doa ke hadapan Tuhan atas anugerah yang dilimpahkan seperti keindahan alam bawah laut Nusa Penida sebagai daya tarik pariwisata.

Upacara ini juga bermakna menghargai dan menghormati alam sebagai sumber kehidupan dengan konsep Tri Hita Karana, terlebih di tengah situasi kebencanaan yang terjadi. “Bagaimana pun juga sebagai daerah kepulauan pariwisata di sini memanfaatkan alam laut,” ujarnya.

Tarian yang mengiringi upacara pakelem tak hanya dari kalangan remaja putri, tetapi juga ibu-ibu dan anak-anak perempuan usia sekolah. “Tari ini menjadi pengiring jalannya upacara pakelem sebagai tarian yang suci yang dipersembahan dalam menyambut kedatangan para dewa yang datang dari khayangan dan turun ke bumi,” sebutnya.

Festival ini juga menampilkan beragam kesenian dan lomba. Usai pembukaan, juga ada pentas lawak Bali. Hari kedua, digelar lomba gebug bantal, lomba gala-gala, lomba memasak ikan, touring Pulau Lembongan, merangkai prani, mengikat dan melepas tali bulung, lomba busana adat Bali untuk wisatawan asing dan lawak Bali.

Sementara hari ketiga, panitia mengadakan gerakan bersih pantai, transplantasi terumbu karang dan penanaman mangrove, lomba stand-up padle, lomba perahu mini dan pentas lagu pop Bali yang menampilkan Nosstress dan Joni Agung & Double T. Hari terakhir akan digelar yoga masal, jalan bareng dan lomba renang dengan acara penutup akan diisi penampilan Tika Pagraky, Aya dan Laras serta penampilan artis ibukota Denada. (BTN/kmb)

READ  Wabup Suiasa Ikuti Simulasi Latihan Evakuasi Medis Udara


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Duuran Gemilang – United Colour of Pottery

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana