Tarif Tol Bali Mandara akan Naik Per 8 Desember 2017

Tarif Tol Bali Mandara akan Naik Per 8 Desember 2017

Selama Oktober 2017, lalu litas di Jalan Tol Bali Mandara per hari mengalami penurunan sebesar 20 persen. Penurunan ini dilihat dari target awal sebesar 53 ribu kendaraan per hari, hanya tercapai sebanyak 43 ribu kendaraan per hari. Sedangkan untuk November juga mengalami penurunan sebesar 25 persen dari target awal sebanyak 53 ribu kendaraan per hari,

Selama Oktober 2017, lalu litas di Jalan Tol Bali Mandara per hari mengalami penurunan sebesar 20 persen. Penurunan ini dilihat dari target awal sebesar 53 ribu kendaraan per hari, hanya tercapai sebanyak 43 ribu kendaraan per hari.

Sedangkan untuk November juga mengalami penurunan sebesar 25 persen dari target awal sebanyak 53 ribu kendaraan per hari, hanya terealiasi sebanyak 38 ribu kendaraan per hari. Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT) Akhmad Tito Karim mengatakan hal itu, saat memberikan keterangan terkait penyesuaian tarif Tol, Selasa (5/12) . Menurut Akhmad Tito, pihaknya menargetkan sebanyak 18 juta kendaraan per tahun. ‘’Namun sampai saat ini baru tercapai 17 juta kendaraan,’’ katanya.

Meski kondisi lalu lintas mengalami penurunan, namun mulai Jumat (8/12) pukul 00.00 Wita tarif Jalan Tol Bali Mandara akan disesuaikan. Penyesuaian tarif ini memang dilakukan dua tahun sekali dan disesuaikan dengan laju inflasi. Bahkan sebelum pemberlakukan tarif baru, minimal tiga bulan sebelumnya pihaknya sudah mengajukan usulan penyesuaian tersebut kepada pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). ‘’Penyesuaian tarif Tol ini dilakukan berdasarkan UU Nomor 38 Tahun 2014, pasal 48 tentang Jalan. Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan dua tahun sekali, tergantung laju inflasi,’’ ujarnya.

Akhmad Tito menambahkan, penyesuaian tarif ini dimaksudkan untuk mempertahankan tingkat pelayanan kepada pengguna jalan tol serta memberikan kepastian pengembalian investasi infrastruktur jalan tol. Untuk evaluasi dan penyesuaian tarif tol ini, sebelumnya dilakukan oleh BPJT berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi. ‘’Sebelum tarif tol disesuaikan, BPJT telah menurunkan tim inspeksi untuk menilai apakah Tol Bali Mandara sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Selain itu, BPJT juga sudah meminta data inflasi di wilayah Bali kepada Badan Pusat Statistik,’’ujarnya.

READ  Semarak, Festival Seni Budaya ke-10 di Taman Ayun

Pemberlakuan tarif baru ini, yaitu untuk golongan I hanya mengalami penyesuaian sebesar Rp 500, dari 11.000 akan menjadi 11.500. Untuk golongan II sebelumnya Rp 16.500 menjadi Rp 17.500. Golongan III dari Rp 22.000 menjadi Rp 23.500, golongan IV dari Rp 27.500 menjadi Rp 29.000, golongan V dari Rp 33.000 menjadi Rp 35.000. Sedangkan untuk golongan VI sepeda motor akan tetap seharga Rp 4.500. (BTN/kmb)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Lataliana Villa

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana