Petani Dapat Kartu Tani

Petani Dapat Kartu Tani

Sebanyak 85 orang petani dari Subak Pulagan, Tampaksiring, Gianyar menerima Kartu Tani dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar. Pemberian Kartu Tani merupakan kerjasama Pemerintah Gianyar dengan Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai upaya memudahkan pelayanan kepada petani. Penyerahan Kartu Tani dilakukan oleh Plt. Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya didampingi Pimpinan Jaringan dan Layanan BNI Kantor

Sebanyak 85 orang petani dari Subak Pulagan, Tampaksiring, Gianyar menerima Kartu Tani dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar. Pemberian Kartu Tani merupakan kerjasama Pemerintah Gianyar dengan Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai upaya memudahkan pelayanan kepada petani.

Penyerahan Kartu Tani dilakukan oleh Plt. Sekda Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya didampingi Pimpinan Jaringan dan Layanan BNI Kantor Wilayah Bali Nusra, Hasan Ashari kepada lima orang perwakilan di Wantilan Pura Kahyangan Tiga, Banjar Mantring, Tampaksiring, Jumat, (12/1).

Kadis Pertanian, Ir. I Made Raka, M.Si mengatakan, Kartu Tani merupakan media penyaluran Bansos dan subsidi dengan menggunakan kartu multifungsi yang dikeluarkan perbankan, berbasis tabungan. Penerima akan terekam dalam kartu tersebut. “Peluncuran Kartu Tani ini upaya pemerintah untuk memenuhi hak-hak masyarakat petani dalam mendapatkan pelayanan dengan menjalin kerjasama dengan BNI,” ucapnya.

Manfaat Kartu Tani ini, jelasnya untuk pemanfaatan pembelian pupuk, benih dan sarana lain yang dibutuhkan petani. “Yang pertama kita berikan Subak Pulagan karena sebagai warisan budaya dunia. Ke depan, kita akan menyasar seluruh petani di Kabupaten Gianyar,” terang Made Raka.

Pakseh Subak Pulagan, Sang Nyoman Astina mengatakan, petani Subak Pulagan merasa diuntungkan baik dari segi pelayanan maupun harga. Dengan adanya Agen46 sebagai penyalur pupuk bersubsidi, memudahkan petani untuk mencari pupuk. “Sangat menguntungkan petani. Dari segi harga dan ketersediaan pupuk juga terkontrol karena petani yang tidak memegang Kartu Tani tidak dapat mencari pupuk di Agen46,” terang Sang Nyoman Astina. (BTN/bud)

READ  Karnaval dan Baris Lontar Menebar Pesona


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Furama Ubud

Latest Posts

Most Commented

Wapa Di Ume
Soham Welness Center
Pramana