Aksi Seni Penjabaran Tabanan Serasi

Aksi Seni Penjabaran Tabanan Serasi

Busananya tertata rapi dan indah. Setiap langkah dibarengi dengan lenggak lenggok yang mendukung setiap motif dan corak dari kreasi busana itu sendiri. Langkahnya pun teratur bak seorang penari yang sangat memperhitungkan kompisisi, letak penari. Terkadang kebelakang,  ke samping kiri dan kanan lalu berputar dan maju mendekat kepada penonton. Itulah lomba busana adat kepura di rumah

Busananya tertata rapi dan indah. Setiap langkah dibarengi dengan lenggak lenggok yang mendukung setiap motif dan corak dari kreasi busana itu sendiri. Langkahnya pun teratur bak seorang penari yang sangat memperhitungkan kompisisi, letak penari. Terkadang kebelakang,  ke samping kiri dan kanan lalu berputar dan maju mendekat kepada penonton. Itulah lomba busana adat kepura di rumah makan Sawira Dangin Carik, Desa Delod Peken, Tabanan, Minggu (11/2).

Lomba digelar Sanggar Mirah Jaya itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan disaksikan oleh Camat Tabanan I Putu Arya Suta. Lomba ini diikuti ratusan anak setingkat SD dan SMP mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sanjaya. “Kegiatan seperti ini memang sangat diperlukan sebagai ruang ekspresi dan pengembangan diri anak-anak kita. Kegiatan semacam ini merupakan salah satu penjabaran Tabanan SERASI (Sejahtera Aman Berprestasi).” katanya.

Masa anak-anak merupakan saat yang tepat untuk membentuk karakter serta menanamkan pendidikan budi pekerti. “Dalam hal ini kita sebagai orang tua juga tidak bisa menyerahkan tanggung jawab itu kepada pihak sekolah saja. Kita, orang tua mereka, adalah orang yang paling dekat dan sering berinteraksi dengan mereka (anak-anak),” tegasnya.

Upaya itu, sambung dia, salah satunya sedang diupayakan dengan melakukan penataan areal Gedung Kesenian I Ketut Maria dan Taman Kota dengan open stage Garuda Wisnu Serasi. “Nanti bila penataan telah selesai, silahkan Gedung Maria dan Taman Kota dipakai sebagai tempat kegiatan pengembangan bakat maupun potensi diri anak-anak seperti ini. Saya juga ingin setiap minggunya ada kegiatan seperti ini. Selain nantinya fungsi kedua tempat itu sebagai ruang publik,” tandasnya. (BTN/bud)

READ  Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Kedonganan, DLHK Terjunkan 200 Personel


Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Bebek Sungai

Latest Posts

Most Commented

Soham Welness Center
Wapa Di Ume
Pramana