Tingkatkan Akselerasi Pelayanan Publik, Badung Kembali Gelar Anugrah Mangupura Award

Tingkatkan Akselerasi Pelayanan Publik, Badung Kembali Gelar Anugrah Mangupura Award

Dalam upaya meningkatkan akselerasi pelayanan publik, tahun 2018 ini Pemkab Badung kembali menggelar Anugrah Mangupura Award. Kali ini tidak hanya diikuti oleh Perangkat Daerah (PD) namun juga Perusahaan Daerah dan Pemerintah Desa se-Badung termasuk Perseorangan. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi terkait persiapan penilaian Mangupura Award tahun 2018 yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi

Dalam upaya meningkatkan akselerasi pelayanan publik, tahun 2018 ini Pemkab Badung kembali menggelar Anugrah Mangupura Award. Kali ini tidak hanya diikuti oleh Perangkat Daerah (PD) namun juga Perusahaan Daerah dan Pemerintah Desa se-Badung termasuk Perseorangan. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi terkait persiapan penilaian Mangupura Award tahun 2018 yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Kamis (8/2).

Kepala Badan Litbang Badung I Wayan Suambara melaporkan, Mangupura Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemkab Badung kepada Perangkat Daerah, Perusahaan Daerah, Pemerintah Desa. Diberikan pula kepada Perseorangan masyarakat Badung yang memperoleh pengakuan atas jasa-jasanya bagi Kabupaten Badung sebagai penggagas maupun pelestari atau prestasi tingkat provinsi, nasional dan internasional,   yang diraih dibidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan dan olahraga, serta perseorangan yang diakui prestasinya yang membawa nama baik kabupaten badung dibidang tersebut diatas. “Mangupura Award dibagi dua kategori yaitu kategori penilaian bagi PD dan pemweintah desa dan kategori pengakuan bagi perseorangan, ” tambahnya.

Tujuan Penganugrahan Mangupura Award ini untuk memotivasi dan mendorong perangkat daerah, perusahaan daerah dan pemerintah desa untuk meningkatkan kinerja, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar serta inovatif.Selain itu memberikan penghargaan kepada perseorangan berkat jasa dan prestasinya baik dibidang pendidikan, kebudayaan, keaehatan, lingkungan dan olahraga.

 Ada 7 (tujuh) Kategori penilaian untuk PD, Perusahaan Daerah dan Pemerintah Desa meliputi; penatausahaan asset daerah, tata kelola keuangan daerah, tata kelola arsip, tata kelola disiplin PNS, tata kelola pelayanan publik, program inovasi dan administrasi akuntabilitas. “Penilaian ini merupakan penilaian terhadap kinerja PD, Perusahaan Daerah dan Pemerintah Desa untuk tahun 2017 yang dilakukan di tahun 2018,” terangnya.

READ  Seni Tradisi Papua Memiliki Spirit

Penilaian akan dilakukan oleh Tim yang dibentuk Pemkab Badung terdiri dari Tim Eksternal dan Tim internal Pemerintah. Mengenai penilaian, para peserta harus menyetorkan dokumen administrasi yang menjadi indikator penilaian kepada Tim Verifikasi Dokumen Mangupura Award pada Bidang Pembangunan, Inovasi dan Teknologi Balitbang Badung pada bulan April 2018. Selanjutnya tim akan melakukan verifikasi lapangan mulai bulan April hingga Juli 2018. Anugrah Mangupura Award akan diserahkan pada puncak HUT Ibukota Badung Mangupura pada 16 Nopember 2018 nanti.

Sementara Sekda Badung Adi Arnawa mengatakan, dilaksanakannya Mangupura Award ini, agar perangkat daerah dilingkungan Pemkab Badung mampu berakselerasi, melakukan percepatan berkaitan dengan arah dan kebijakan pimpinan dalam mengelola pemerintahan di Badung. Sehingga tidak ada stagnasi antara kebijakan pimpinan dengan apa yang diimplementasikan oleh perangkat daerah. “Kami inginkan kedepan dengan Mangupura Award ini, Perangkat Daerah secara bersama-sama mampu menterjemahkan RPJMD Semesta Berencana,” tegasnya.

Adi Arnawa selaku penggagas Mangupura Award ini juga menyampaikan apresiasi kepada Tim juri yang telah menyusun kreteria penilaian yang cukup baik yang mencakup, asset daerah, tata kelola keuangan daerah, arsip, disiplin PNS, pelayanan publik, program inovasi dan administrasi akuntabilitas. “Kalau ini dapat lakukan semua, kami yakin dan percaya Badung akan menjadi role model, “jelasnya. Dalam proses penilaian, Tim juri diharapkan melakukan penilaian dengan mengedepankan obyektifitas dan profesionalitas.(Facebook Peliputan mangupura)



Destination

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply
Bebek Sungai

Latest Posts

Most Commented

Soham Welness Center
Wapa Di Ume
Pramana