“10 Fine Art”, Pameran Seni Rupa di Gedung Dharma Negara Alaya

“10 Fine Art”,  Pameran Seni Rupa di Gedung Dharma Negara Alaya

Sebanyak 33 karya seni lukis dalam berbagai macam ukuran serta 12 seni patung dipamerkan di Gedung Dharma Negara Alaya, beralamat di Jl. Mulawarman No 1. Denpasar – Bali. Karya-karya yang disajikan mengambil model Babi yang di lukis oleh masing masing seniman, dan dua karya patung berbahan anyaman kawat anti karat yang memikat. Pameran bertajuk “10 Fine Art” dibuka oleh artis dan politikus Rieke Diah Pitaloka pada tanggal 9 Desember 2021 dan akan berlangsung sampai tanggal 23 Desember 2021.

Penyajian karya seni rupa kali ini dalam rangka memperingati 17 tahun dibentuknya kelompok seniman Bali yang diberi nama Ten Fine Art. Sajian karya memang ditata apik, dan pengantar katalog pameran ditulis oleh Made Susanta Dwitanaya. Sebanyak 10 pelukis Bal yangmemajang karyanya, yaitu I Made Dolar Astawa, I Wayan “Apel” Hendrawan, I Wayan “Anyon” Muliastra, I Made Budi Adnyana, Ida Bagus Putu Purwa, A A. Ngurah Paramarta, I Wayan Paramarta, I Made “Romi” Sukadana, I Ketut Teja Astawa dan Vinsensius Dedy Reru.

Para perupa kreatif ini menghadirkan karya-karya segar dan terbaru di akhir tahun 2021 sebagai pameran mereka dari 17 tahun perjalanan 10 Fine Art. Terbentuknya Ten Fine Art berawal dari tragedi bom Bali yang melanda Bali pada tahun 2002. Para Seniman tersebut terpukul melihat situasi yang terjadi dengan adanya bom Bali berkat serangan teroris, dengan situasi yang melanda Bali, yang menyebabkan pariwisata sekejap senyap dibuatnya, ekonomi runtuh, banyak pelaku pariwisata alih profesi.

Kelompok 10 Fine Art, dalam perjalanan berkesenian sudah melakukan pameran di berbagai kota di Indonesia, seperti Jogjakarta, Malang dan Jakarta, begitu pula pameran di luar negeri salah satunya di Melbourne Australia, secara perorangan mereka aktif berpameran di dalam dan luar negeri Pameran perdananya pun dilakukan dengan mengadakan tema telanjang, dengan, melukis diri masing masing dengan telanjang, sebagai pameran perdananya. Ruang seni alternatif sebagai artist initiative mendirikan art gallery.Setahun setelah dibentuknya 10 fine art dan diresmikannya ruang alternative space yang diberi nama 10 Fine Art. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us