Air Terjun Aling-Aling Indah dan Sejuk

Air Terjun Aling-Aling Indah dan Sejuk

Jika sedang berwisata di Bali, sekali waktu kunjungilah Daya tarik Wisata (DTW) yang ada di Kabupaten Buleleng. Daerah Bali Utara ini memiliki sederetan DTW yang sangat indah, aman dan pasti membuat nyaman dalam berwisata. Sebut saja, Air Terjun Aling-Aling yang terletak di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, sebuah desa yang masih asri dan lokasinya masih tersembunyi. Suasana sejuk, sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, atau bagi mereka yang suka suasa dengan kegiatan jelajah alam.

Lokasinya sangat dekat, yang membutuhkan jarak tempuh dengan waktu kurang lebih 10 sampai 15 menit dari Kota Singaraja, sekitar 80 Km dari Denpasar atau sekitar 2 jam dengan kendaraan. Aksesnya sangat bagus, yang bisa menggunakan mobil maupun motor. Bila start dari Kota Denpasar ambil menuju arah Singaraja lewat Bedugul, maka sebelum memasuki Kota Singaraja akan bertemu dengan pertigaan.

Lalu, ambil jalur kiri menuju arah Terminal Sukasada. Teruslah mengikuti arah jalan sampai di pertigaan Balai Desa Sambangan, lalu dekat pertigaan akan terlihat tulisan Aling-aling Waterfall. Nah, ambilah arah kiri serta ikuti jalan kurang lebih 2 Km, maka akan tiba di Air Terjun Aling-aling, Buleleng.

Keindahan Air Terjun memang selalu memberikan sensasi tersendiri. Dimulai dengan jalur treking yang terkadang menguras tenaga, ditambah hawa sejuk dari udara sekitar, diiringi aliran air terjun yang selalu menjadi pusat perhatian telinga. Air terjun Aling-Aling memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter, sehingga tak heran bila guyuran air dari air terjun ini sangat deras dan menghujam menuju ke kolam air yang ada di bawahnya.

Di bawah air terjun Aling-aling terdapat sebuah cekungan, seperti sebuah kolam tercipta alami dari guyuran air terjun secara terus menerus. Di kolam ini, bisa merasakan sensasi, mandi menikmati segarnya air pegunungan. Airnya tenang dan sejuk, seakan membuat badan refresh kembali. Tetapi ingat, kalau mandi jangan pada musim-musim penghujan, karena sumber air bisa besar. Jika masih ragu, mintalah informasi dari warga setempat, yang sudah paham alam sekitarnya, sehingga bisa menikmati wisata dengan tenang.

Kawasan air terjun dikelilingi sejumlah tebing tinggi yang kaya dengan tanaman lokal. Burung-burung serta hewan lokal lainnya selalu riang menyambut yang datang dengan kicauan indah. Kondisi alamnya sekitarnya sangat asri dan masih perawan. Vegetasi tanaman hutan, beraneka ragam, sehingga bisa dijadikan untuk refresh serta berfoto-foto bersama keluarga. Disini juga bisa selfie berlatar indahnya alam yang alami.

Keindahan Air Terjun memang selalu memberikan sensasi tersendiri. Maka, sangat tepat jika ingin menikmati keindahan alam di Air terjun Aling-aling tempatnya. Setiap langkah akan memberikan cerita yang sangat panjang, baik tentang keindahan alamnya, tumbuhan yang ada, hewan lokal, aktivitas masyarakatnya serta lainnya. Karena itu, semua mesti ingat, kita juga harus ikut menjaga dan melestarikan alam yang asri itu, supaya tetap bisa dapat menikmatinya sampai kapan pun, termasuk dengan generasi berikutnya. (BTN/bud) .

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us