Anak-anak di Gianyar Mendengarkan Dongeng dari Kak Seto

Anak-anak di Gianyar Mendengarkan Dongeng dari Kak Seto

Senang dan gembira. Itulah suasana mendongeng oleh Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi bersama anak-anak di Kabupaten Gianyar. Dengan menggunakan media bantu seperti boneka, perlengkapan sulap yang diselingi humor dan nyanyian dalam membawakan dongeng, pria yang dikenal Kak Seto itu berhasil mencuri perhatian anak-anak dan orang tua saat melakukan kunjungannya di Kabupaten Gianyar. Kegiatan mendongeng berlangsung di Alun-alun Kota Gianyar, Sabtu (15/1).

Kak Seto menjelaskan, mendongeng merupakan satu cara yang baik untuk membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Di tengah perkembangan teknologi gadget saat ini yang kerap kali membuat anak lebih fokus terhadap gadgetnya dibanding hal lain, sehingga dengan mendongeng dapat mencegah anak ketergantungan terhadap gadget. Karena itu temanya, mudah dan mendongeng dapat mencegah anak kecanduan medsos.

Bermain dan mendengarkan dongeng merupakan bagian dari metode pembelajaran bagi anak-anak, untuk itu Kak Seto mengajak orang tua untuk aktif menceritakan dongeng kepada anak, mengingat mendongeng memiliki banyak manfaat bagi anak. “Mendongeng memiliki peran sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Tak hanya itu, mendongeng dapat menjalin komunikasi, merangsang kreativitas, perkembangan moral, perkembangan bahasa, perkembangan emosi, proses identifikasi dan merangsang minat baca anak,” katanya.

Untuk itu, mari aktif kembali menceritakan dongeng kepada anak-anak tentunya dengan cara yang mnyenangkan. Orang tua agar tidak membanding-bandingkan anak, mengingat semua anak adalah cerdas dan pasti unggul di bidangnya masing-masing. “Anak itu sama halnya seperti tanaman bunga, kalau kita rawat dengan baik pasti jadi indah. Begitupula dengan anak-anak kalau kita jaga dengan kasih sayang pasti akan membanggakan,” imbuhnya.

Bupati Gianyar I Made Mahayastra setelah memberikan ucapan selamat datang kepada Kak Seto mengungkapkan, Kabupaten Gianyar merupakan Kabupaten layak anak dengan predikat utama. Dirinya juga berpesan kepada para Guru Paud dan TK agar mendidik anak dengan baik. “Fokuslah dan seriuslah dalam mengurus anak-anak. Karena anak-anak adalah calon pemimpin-pemimpin hebat masa depan,” tambahnya.

Bupati Mahayastra juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang selama masa pandemi, masa pembelajaran melalui daring, telah mendampingi anak belajar dengan baik di rumah. “Kepada orang tua saya ucapkan terimakasih, telah sabar mendampingi anak-anak saat pembelajaran online dari rumah. Walau tidak mudah itulah kondisi yang harus kita lalui,” pungkasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us