Anak Muda Diharapkan Terjuni Pertanian Aquaponik

Anak Muda Diharapkan Terjuni  Pertanian Aquaponik

Usai memberikan semangat kepada para penerima bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta lanjut mengunjungi pembuatan proses akuaponik di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Jl. Raya Takmung Nomor 1, Kecamatan Banjarangkan, Rabu (17/11).

“Aquaponik ini adalah bagaimana memanfaatkan air kolam ditarik untuk pengairan hidroponik selanjutnya air itu kembali turun tanpa ada nutrisi tambahan,” ujar Bupati Suwirta saat berada dilokasi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Sweta Negara.

Bupati Suwirta juga menambahkan proses akuaponik ini sudah berjalan dengan baik. Dalam konsep hidroponik ini ada berbagai jenis tanaman disini diantaranya ada pokcoy, selada, tomat, semangka, timun melon dan lain lain. “Mudah-mudah ini berhasil untuk mewujudkan konsep terintegrasi, nantinya disini ada rumah makan, ada buah-buahan, ada sayur dan ikannya juga,” ujar Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap agar tempat ini bisa dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya. Jika nanti sudah berhasil, tempat ini akan rencananya akan dijadikan tempat edukasi bagi generasi muda untuk belajar bagaimana menanam sayur dengan memanfaatkan kolam. “Jadi dengan ini bagaimana bisa menarik minat anak-anak muda untuk bertani,” imbuhnya.

Sementara Putu Yudi selaku petani melenial yang menggarap aquaponik mengaku akan mengembangkan lebih lanjut aquaponik di Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ini dengan menambahkan teknologi didalamnya, yakni smart switch.

Smart switch, pompa yang digunakan untuk mengalihkan air akan hidup dan mati secara otomatis dengan mengontrol dari smartphone/hp. “Karena sasaran kita adalah anak muda agar ingin bertani jadi kita sisipkan teknologi ddidalamnya sehingga unsur edukasinya juga akan jalan,” ujarnya.(BTN/ery).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us