ASN Sekarang Harus Berkinerja

ASN Sekarang Harus Berkinerja

Aparatur Sipil Negara (ASN) saat ini tidak lagi hanya bekerja melainkan harus bekinerja. “Hal ini sesuai dengan Permenpan No.6 tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara, “ kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar Wayan Sudiana pada sosialisasi penilaian kinerja dilingkungan ASN Kota Denpasar secara tatap muka maupun online, Rabu (14/9).

Untuk mencapai tujuan dari visi dan misi kepala daerah dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota Denpasar semua pimpinan perangkat daerah harus mengintervensi dari salah satu misi Walikota sesuai dengan tupoksi perangkat daerah masing-masing. “Untuk itu kami harapkan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengintervensi misi Walikota yang dituangkan dalam perjanjian kinerja masing-masing,” ujarnya.

Para ASN di lingkungan OPD mengintervensi perjanjian kerja atasan sampai tingkat pelaksana. Menurut Sudiana ini merupakan proses penilaian kinerja yang pada akhirnya kinerja ASN dapat diukur melalui capaian kinerja daerah. “Penilaian kinerja ini sangat penting disamping untuk pengembangan kompetensi masing-masing ASN juga termasuk untuk pengembangan karier,” imbuhnya.

Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKPSDM Kota Denpasar, Putu Agus Mahendra Udayana menambahkan penilaian kinerja ASN sekarang tidak lagi menggunakan perhitungan melainkan menggukan predikat. Penilaian kinerja menggunakan kuadran kinerja dengan metode cascading yang merupakan panduan dalam menyusun kinerja dan tanpa ada persyaratan pembobotan tertentu pada kinerja. “Selain cascading, dalam Permenpan baru ini kinerja Jabatan Fungsional (JF) tidak lagi dikaitkan dengan butir kegiatan dan angka kredit,” terangnya.

Untuk tahapan kinerja ASN sesuai Permenpan RB Nomor 6 tahun 2022 meliputi pertama adalah pada ruang lingkup pengelolaan. Sebelumnya ruang lingkup pengelolaan kinerja berfokus pada PNS saja, namun pada PermenPANRB 6/2022, ruang lingkup pengelolaan kinerjanya mencakup seluruh ASN yaitu PNS dan PPPK. Tahapan penilaian ASN sesuai PermenPANRB 6/2022 meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Tahapan selanjutnya adanya tindak lanjut hasil penilaian kinerja yang meliputi penghargaan dan sanksi.

Dalam sosialisai tersebut menghadirkan narasumber Kadek Bobo Sanjaya Analis Kinerja dan I Gst Putu Wijaya Kusuma, Analis SDM AparaturAhli Muda. (I Gst Kt Sudiatmika_JFT Analis Kebijakan Muda) (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us