Awig Awig Desa Adat Tanglad, Nusa Penida Dikukuhkan

Awig Awig Desa Adat Tanglad, Nusa Penida Dikukuhkan

Bertepatan dengan rahina Buda Kliwon Gumbreg, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta, Camat Nusa Penida Komang Widyasa Putra, Kabag Pemerintahan dan Kesejahteraan I Gusti Gede Gunarta menghadiri upacara pengukuhan Awig awig Desa Adat Tanglad di Pura Tunjuk Pusuh, Kecamatan Nusa Penida, Rabu (4/5). Kegiatan ini juga serangkaian dengan puncak upacara Pujawali di Pura setempat.

Bupati Suwirta mengatakan awig awig merupakan aturan yang memuat hak dan kewajiban krama yang selama ini telah berjalan. Disusun berdasarkan dresta yang sudah berjalan di masing masing Desa. Awig awig juga harus sejalan dengan peraturan Pemerintah Daerah, Provinsi maupun Pusat. Contoh awig awig yang mengikuti perkembangan jaman diantaranya masalah penanganan sampah, penyalahgunaan narkoba dan Kawasan Tanpa Rokok.

“Merokok masuk kedalam awig awig karena hal ini menyangkut kesehatan warga. Pemerintah tidak melarang orang merokok, namun membatasi tempat tempat merokok sehingga tidak mengganggu orang yang tidak merokok. Upacara adat dan agama juga dilarang menyuguhkan rokok. Selain karena alasan kesehatan juga dapat meringankan beban biaya. Begitu juga Narkoba, sekali mencoba narkoba maka tidak akan bisa terlepas dan menjadi kecanduan. Narkoba menyebabkan penggunanya tidak bisa diajak bekerja dan berpikir jernih .” ujar Bupati Suwirta.

Masalah sampah juga diatur dalam awig awig karena sampah sudah menjadi persoalan semua pihak, tidak hanya pemerintah daerah namun juga di desa. Sampah plastik menjadi persoalan utama apalagi Nusa Penida merupakan kawasan pariwisata. Untuk itu Bupati Suwirta meminta Awig-awig supaya segera disosialisasikan kepada warga. Tidak hanya dipasupati dan disakralkan saja.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us