Awig – Awig Dibuat Agar Warga Tidak Berperilaku Awag – Awag

Awig – Awig Dibuat Agar Warga Tidak Berperilaku Awag – Awag

Awig awig berfungsi sebagai pengikat warga dalam berperilaku agar tidak awag awag. Awig-awig dibuat untuk menciptakan situasi Desa yang aman tentram serta dapat membawa kearah yang lebih baik. Demikian penekanan yang disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menghadiri acara Pasobyahan Awig Awig Desa Adat Bias Desa Kusamba Kecamatan Dawan, Rabu (26/10)2022.

Bupati Suwirta menambahkan dalam Awig-awig juga mengatur warga dalam pengolahan sampah mangingat sampah saat ini telah menimbulkan masalah dan bencana bagi umat manusia. Pemilahan sampah organik dan anorganik harus dilakukan setiap hari sehingga akan menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi budaya. Selain itu didalam Awig Awig juga mengatur kawasan tanpa rokok bukan melarang untuk merokok.

“Selamat karena telah memiliki awig awig, semoga dengan adanya Awig-awig ini kehidupan masyarakat desa akan lebih damai dan tentram. Sehebat apapun awig awig hubungan manusia dengan manusia yang menentukan. Untuk itu mari bersama sama bergandengan tangan dan saling menghargai sehingga tercipta kedamaian.” ujar Bupati Suwirta.

Acara Pasobyahan Awig Awig Desa Adat Bias Desa Kusamba diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Puseh dan Bale Agung Desa Adat Bias yang kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan awig awig di Balai Desa Bias. Turut hadir Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Klungkung Dewa Made Tirta , Camat Dawan Dewa Gede Widiantara, prajuru adat serta masyarakat setempat.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us