Badung Antisipasi Varian Baru Omicron

Badung Antisipasi Varian Baru Omicron

Mengantisipasi meluasnya penyebaran virus Covid-19 khususnya varian baru Omicron, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung sudah melakukan langkah cepat dengan menyiapkan segala sesuatunya. Salah satunya kesiapan dari Gedung D, RSD Mangusada yang baru selesai dibangun yang nantinya akan dimanfaatkan penanganan kasus Covid-19. Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa didampingi Tim Satgas Covid-19 Badung melakukan peninjauan kelengkapan fasilitas Gedung D RSD Mangusada, termasuk pelayanan vaksinasi Covid-19, Selasa (21/12).

Kunjungan ke RSD Mangusada tersebut guna melihat kesiapan fasilitas kesehatan khususnya di Gedung D untuk mengantisipasi virus Omicron yang saat ini sudah masuk Indonesia. Kenapa memastikan kesiapan Gedung D ini, karena di anggaran perubahan tahun 2021 sudah dianggarkan untuk Gedung D terkait dengan fasilitas ipal, air, listrik termasuk AC nya. “Dari laporan Direktur, Gedung D sudah siap, menunggu serah terima saja. Maka di awal tahun 2022 Gedung D RSD diharapkan dapat difungsikan. Kita harapkan tidak terjadi apa-apa. Bila toh terjadi lonjakan varian baru ini, kita di Badung sudah siap mengantisipasinya. Karena di gedung ini sudah disiapkan 150 hingga 200 bed,” ucap Sekda Adi Arnawa.

Selain meninjau kesiapan RSD Mangusada, pihaknya juga ingin melihat perkembangan vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun, baik yang dilaksanakan di RSD Mangusada maupun di dua sekolah lainnya yakni di SD 2 Kekeran dan SD 3 Sading. Vaksinasi sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Kebijakan pemerintah pusat, saat ini diprioritaskan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

Untuk di RSD Mangusada sudah disiapkan tim untuk melayani vaksinasi bagi anak yang mengalami penyakit penyerta yang harus dilakukan konsultasi terlebih dahulu dan bagi anak-anak yang lain sudah dilayani di sekolah-sekolah. “Selain di RSD Mangusada, kami juga meninjau vaksinasi anak di SD 2 Kekeran dan SD 3 Sading. Guna memastikan kesiapan kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan kami harapkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Badung telah dimulai sejak, Rabu 15 Desember lalu, dengan sasaran 57.201 orang. Saat ini target vaksinasi untuk anak baru mencapai 17 persen lebih dan target untuk vaksin tahap I selesai tanggal 28 Desember ini. “Untuk itu kami perlu terus menggenjot dengan membuat akselerasi percepatan vaksinasi dengan melibatkan lintas perangkat daerah sehingga vaksinasi lebih maksimal,” imbuh Sekda Adi Arnawa. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us