Badung Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Badung Dukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung melalui Dinas Perikanan kembali melakukan Penebaran Benih Ikan Nila sebanyak 30.000 ekor. Penebaran yang dilaksanakan di Jaba Pura Mumbul Sari dan saluran irigasi Desa Angantaka, Kecamatan Abiansemal, Selasa (14/9). “Penyebaran benih ikan ini dalam rangka melestarikan hayati sungai, menjaga kebersihan sungai dan mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Badung terutama pada masa pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Perikanan, I Nyoman Suardana.

Suardana mengatakn, kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Dinas Perikanan Kabupaten Badung dengan Perbekel Angantaka dan Karang Taruna Catur Tunggal Desa Angantaka. Dengan penebaran ikan ini diharapkan agar benih yang ditebar agar dipelihara, dijaga kelestariannya, tidak diracun, disetrum, pada nantinya dapat dipanen lagi untuk dikonsumsi. Dengan adanya ikan di sungai akan menambah hayati ikan karena banyak jenis ikan yang sudah punah seperti ikan nyalian, betok, jeleg, bahkan anak-anak sekarang tidak tahu yang namanya jubel klipes dan sejenisnya.

Dengan adanya masyarakat memelihara ikan di sungai dapat mengurangi masyarakat yang membuang sampah sehingga sungai menjadi bersih, sebagaimana kebijakan Bupati Badung yang menjadikan sungai tampak depan rumah kita bisa terwujud. “Sampai saat ini kita sudah menebar 1.732.000 ekor ikan dari target 2.100.000 ekor di tahun 2021, penebaran dilakukan di beberapa kolam kelompok budidaya, saluran irigasi dan beji, ini semuanya sesuai dengan permohonan dari masyarakat,” jelas Suardna dalam acara yang dihadiri oleh Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa, Perbekel Angantaka, Ketua BPD Desa Angantaka, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Angantaka, tokoh masyarakat serta komunitas Kedas Kedas Desa Angantaka itu. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us