Badung Jadikan Pertanian Sektor Unggulan

Badung Jadikan Pertanian Sektor Unggulan

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung Wayan Adi Arnawa berkomitmen mengoptimalkan kinerja Balai Benih Utama (BBU) dalam memproduksi bibit padi dan palawija (Cabai dan Tomat) yang berkualitas untuk dibagikan kepada para petani di seluruh wilayah Kabupaten Badung. “Ini dilakukan guna mendorong sektor pertanian menjadi sektor unggulan di Kabupaten Badung,” Sekda Adi Arnawa yang mewakili Bupati Badung saat menjalin silaturahmi Tahun Baru 2023, dan evaluasi kinerja jajaran Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung di UPT BBU Dinas Pertanian Pangan, Banjar Tegal Narungan, Sobangan, Mengwi, Selasa (10/1).

Sektor pertanian merupakan sektor yang basic sekali karena bagaimanapun juga sektor pertanian menjadi yang utama dalam ekosistem kehidupan. “Oleh karena itu, saya memastikan kepada seluruh pegawai untuk menunjukkan kinerja dengan membuat terobosan termasuk membuat produksi pangan,” ujar Sekda Adi Arnawa.

Dalam rangka mewujudkan diversifikasi pendapatan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung dibawah kepemimpinan Bupati Giri Prasta dan Wakil Bupati Ketut Suiasa berkomitmen mengakselerasi pembangunan di sektor pertanian agar mampu memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah selain dari sektor pariwisata. “Kita berharap sektor pertanian ini mampu menghasilkan produk yang laku di pasaran dalam rangka untuk menahan laju inflasi di Badung khususnya,” ujarnya.

Pihaknya juga sedang mendorong sekarang bagaimana agar Badung ini punya sentra produksi beras, karena selama ini kan produk beras dibeli dari daerah lain. “Kedepannya kita tidak mau seperti itu lagi. Kita harus mampu produksi beras sendiri yaitu beras Badung, termasuk bila perlu kita juga mengambil hasil produksi padi di luar daerah untuk kita jadikan produksi beras di Badung,” tegasnya.

Pihaknya ingin memberikan perhatian yang lebih kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, agar kedepannya Dinas Pertanian dan Pangan bisa menerjemahkan semua program dan kebijakan Bupati Giri Prasta untuk memajukan sektor pertanian. “Nah kalau ini bisa kita lakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan tentunya harapan Bapak Bupati dalam rangka mensejahterakan petani dan masyarakat dan mewujudkan ketahanan pangan bisa kita lakukan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana melaporkan, pihaknya sengaja mengundang pimpinan daerah dan seluruh jajaran Dinas Pertanian dan Pangan untuk hadir ke BBU Sobangan dalam rangka menguatkan sinergi, tali silaturahmi sekaligus mensukseskan komitmen Bupati Giri Prasta untuk mendorong kemajuan sektor pertanian Kabupaten Badung. “Melalui kegiatan ini kami ingin menerjemahkan komitmen Bapak Bupati untuk mendorong sektor pertanian menjadi sektor unggulan. Salah satunya melalui optimalisasi potensi BBU dalam menyiapkan benih berkualitas untuk petani. Sekaligus dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi,” ungkapnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us