Badung Raih Penghargaan Terbaik untuk Dimensi Smart Economy

Badung Raih Penghargaan Terbaik untuk Dimensi Smart Economy

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung kembali menerima penghargaan terbaik untuk Dimensi Smart Economy dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, S.Sos., M.A.P. mewakili Bupati Badung bersama 17 Daerah (Kabupaten/Kota) lainnya yang bertempat di International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Jl. BSD Grand Boulevard Raya Nomor 1 Tangerang, Selasa (14/12).

Kepala Dinas Jaya Saputra menyatakan, penghargaan Dimensi Smart Economy diraih dari program inovasi Aplikasi Fish-Go yang diluncurkan Pemkab Badung melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Badung. Aplikasi Fish-Go merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Badung bekerja sama dengan tim dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Udayana (Unud) dalam menanggapi kondisi serta permasalahan nelayan tradisional di wilayah Kabupaten Badung. “Aplikasi Fish-Go bekerja dengan cara menggabungkan kemampuan satelit dan sejumlah faktor seperti kondisi fisiologis dan habitat ikan serta lokasi ikan mencari makan atau feeding ground untuk memprediksi dan mendeteksi keberadaan ikan,” jelasnya.

Aplikasi Fish-Go memberikan informasi yang diprediksi menggunakan citra satelit. Bahkan, aplikasi ini mampu memprediksi daerah potensial penangkapan ikan hingga ke tingkat spesies pada daerah tertentu. Keunggulan lain Fish Go adalah sudah terhubungnya daerah potensial penangkapan dengan jaringan yang sangat kuat, sehingga estimasi jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan nelayan untuk menangkap ikan dapat diketahui secara langsung.

Penghargaan ini merupakan tindak lanjut dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) yang telah memberikan pendampingan penyusunan masterplan kota cerdas (smart city) kepada 48 kabupaten/kota pada Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Ibu Kota Negara Baru, serta evaluasi implementasi program kota cerdas (smart city) terhadap 100 kota/kabupaten yang telah terpilih pada tahun 2017-2019.

Hal ini juga merupakan upaya pemanfaatan TIK dalam implementasi kota cerdas (smart city). Dan penganugerahan (awarding) kepada setiap Daerah atas pencapaian penyusunan masterplan dan implementasi program kota cerdas, salah satunya adalah Kabupaten Badung dengan aplikasi FISH Go melalui Dimensi Smart Economy. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us