Badung Sosialisasikan Go-Tani

Badung Sosialisasikan Go-Tani

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung melaksanakan Sosialisasi Badung Go-Tani dan penandatanganan MOU dengan pelaku usaha bertempat di Ruang Pertemuan Kriya Gosana Lantai III di Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (3/9). Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Badung Nomor 520/3360/Setda/Diperpa tentang Pemanfaatan, Pemasaran dan Konsumsi Produk Pertanian Lokal Kabupaten Badung.

Penandatanganan yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa ini turut dihadiri Ketua PHRI Badung I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, HIPMI Kabupaten Badung, Purcasing Pinno Creative Entrepreneur, Ketua Koperasi Sumber Merta Buana, PT. Tirta Investama serta para kelian subak se-Badung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sekda Badung Adi Arnawa menyampaikan terkait dengan persoalan mendasar bagi para petani di Badung, merupakan salah satu ketidak banggaan bagi para petani karena kurangnya dari segi hasil pertaniannya. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung selalu memfasilitasi agar bagaimana hasil produksi pertanian dengan para konsumen semakin meningkat. ”Terkait dengan adanya persoalan diatas maka Pemkab Badung sudah membuatkan aplikasi Go-Tani, setidaknya seseorang akan mudah mengakses produk-produk yang dibuat oleh para petani kita di Badung ini, termasuk juga para petani akan mudah mendapatkan berbagai macam pelayanan,” ujarnya.

Adanya aplikasi Go-Tani ini, diharapkan para petani bisa menjadi termotivasi sekaligus percaya diri, bagaimanapun di musim pandemi Covid-19, dari sektor pertanian lah yang sudah memberikan kontribusi ketika pertumbuhan ekonomi tidak ada terkontraksi dalam kebutuhan konsumsi masyarakat. Pemkab Badung memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan oleh Dinas Pertanian agar terus dilanjutkan sekaligus para petani agar termotivasi untuk menjaga kualitas hasil produksi pertanian melalui sistem teknologi informasi.

Kadis, I Wayan Wijana melaporkan terkait permasalahan klasik yang dihadapi oleh para petani dengan fluktuasi harga, akses pemasaran serta kurangnya pemanfaatan teknologi informasi. Untuk itu Dinas Pertanian dan Pangan, saat ini sedang merancang program inovasi Badung Go-Tani (Bang Goni). Badung Go-Tani ini dirancang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu Badung Promo Tani (Bang Romi) sebagai media komunikasi antara petani dengan para pelaku usaha dengan pengembangan sistem informasi Badung Go-Tani (Si Abang Goni). Ini merupakan sistem informasi berbasis aplikasi untuk mempercepat dan mempermudahkan pelayanan serta dilengkapi dengan fitur-fitur untuk mempromosikan berbagai produk pertanian lokal di Badung.

Melalui Go-Tani ini, diharapkan dapat mengatasi permasalahan petani serta meningkatkan pertumbuhan sektor agrobisnis disertai memperkuat sinergitas sektor pertanian dengan kepariwisataan dunia usaha khususnya UMKM dari segi pangan. “Secara umum rancang bangun Si Abang Goni akan dilengkapi dengan fitur-fitur antara lain info tani disertai laporan kinerja, info pelayanan, agrowisata, info panen dan peta potensi komoditas, info kemitraan, konsultani, pengaduan serta dilengkapi fitur SKM yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo secara bertahap,” jelasnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us