Badung Tuan Rumah Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021

Badung Tuan Rumah Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021

Kabupaten Badung menjadi tuan rumah penyelenggaraan Malam Puncak Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia tahun 2021. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Abhyya Parama Mavendra digelar di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sabtu (13/11) malam.
“Atas nama pemerintah dan masyarakat Badung, saya menyampaikan terima kasih, karena melalui Menparekraf telah menugaskan Yayasan Abhyya Parama Mavendra dan memilih Badung sebagai tuan rumah penyelenggaraan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021,” kata Bupati Badung Giri Prasta disela-sela acara tersebut.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan kepariwisataan Indonesia dengan merevitalisasi semangat dan upaya pemulihan disegenap sektor serta dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Duta pariwisata dapat menjadi teladan dan memberi pengaruh positif pada generasi muda untuk menjadi SDM yang handal, berkualitas dan kompetitif dengan memiliki pengetahuan luas, berketerampilan dan berwawasan budaya.

Kegiatan ini diresmikan Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, bersama Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Pembina Yayasan Abhyya Parama Mavendra, Putu Andre Purnama Mavendra. “Pemilihan duta pariwisata, kami pandang penting dan strategis dalam mengembangkan kreasi, inovasi bagi generasi muda untuk meningkatkan serta memantapkan eksistensi dan perannya dalam membangun negeri tercinta,” harap Bupati Giri Prasta.

Penyelenggaraan Pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021 diharapkan dapat menebar harapan dan semangat yang dapat dijadikan momentum kebangkitan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Dalam acara tersebut duta Provinsi Bali, AA. Putu Mayun Saputra terpilih menjadi Duta Pariwisata Indonesia 2021 kategori putra dan kategori putri diraih Duta dari Sulawesi Selatan, A. Suci Nurul Aisyah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya melalui video menyampaikan, tahun 2021 pandemi Covid-19 masih melanda seluruh dunia. Pandemi ini telah melumpuhkan seluruh aktivitas ekonomi, sosial termasuk olahraga dan pariwisata. Untuk dapat terus beraktivitas di tengah pandemi, harus mematuhi protokol kesehatan. Apresiasi disampaikan kepada Yayasan Abhyya Parama Mavendra atas semangat, ide dan kreativitasnya sehingga event pemilihan duta pariwisata Indonesia 2021 dapat terselenggara dengan baik.

Pemilihan duta pariwisata Indonesia diikuti perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia. Sebagai generasi muda kreatif, selain untuk mempromosikan daya tarik wisata di daerah asal peserta, ajang ini juga untuk memberikan pembekalan khusus mengenai produk UMKM, ekonomi kreatif serta pengembangannya. Hal ini sangat penting di masa pandemi karena dapat memperkenalkan potensi wisata dan produk-produk ekonomi kreatif UMKM dari masing-masing daerah ke tingkat nasional bahkan internasional. “Selamat dan sukses atas penyelenggaraan pemilihan Duta Pariwisata Indonesia 2021. Semoga dapat menebar harapan dan semangat yang dapat dijadikan momentum kebangkitan ekonomi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” terangnya.

Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menekankan, gelar sebagai duta pariwisata mempunyai peran yang sangat strategis khususnya di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum 100 persen teratasi. Menjadi duta pariwisata sesungguhnya mempunyai visi internal maupun eksternal. Visi internal diharapkan para finalis bisa menjadi tolak ukur (benchmark), dan panutan bagi generasi muda di daerahnya masing-masing. Sementara ke eksternal diharapkan dapat berperan ganda baik sebagai agen perubahan maupun agen penguatan industri pariwisata itu sendiri. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us