Banggalah Jadi Orang Tabanan! Ini Alasannya

Banggalah Jadi Orang Tabanan! Ini Alasannya

Setelah melewati sebulan penuh pagelaran rangkaian kegiatan HUT Kota Ke-530 yang dihiasi oleh aktivitas seni khas Tabanan dan melibatkan kreativitas dari seluruh komponen masyarakat serta seniman asli Tabanan, Malam Puncak Perayaan HUT Kota bertajuk “Paduraksa Jayaning Singasana” digelar dengan suasana meriah dan harmonis di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Rabu (29/11).

Puncak Perayaan HUT Kota Ke-530 Tahun kali ini, menampilkan suguhan spektakuler yang masih mengangkat tema kesenian khas Tabanan. Di kesempatan itu juga turut ditampilkan pemutaran video Wonderful Of Tabanan, rangkaian kegiatan sepanjang berlangsungnya HUT Kota Tabanan dan juga tarian kontemporer, Tari Kebesaran Jayaning Singasana, Tari Oleg Tamulilingan, Pentas Drama Gong dan penampilan dari artis-artis kenamaan di Tabanan.

Tak hanya menampilkan kesenian khas Tabanan, malam puncak juga ditandai dengan acara Peluncuran Buku Biografi I Ketut Marya oleh Prof. Dibia dan dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan dari Bupati Tabanan kepada para Seniman Pengabdi Seni dan penghargaan lainnya sejumlah 20 seniman, penyerahan hadiah Lomba Porsenijar Provinsi Bali kepada sejumlah 4 Orang serta penyerahan hadiah lainnya terkait rangkaian HUT Kota ke-530, salah satunya lomba Vlog Bangga Jadi Orang Tabanan.

“Tanpa terasa, kota kita, kota Tabanan telah memasuki usia yang begitu panjang, yaitu 530 tahun. Jika dimaknai, usia ini bukanlah semata-mata deretan angka, tetapi ia memliki kesejahteraan, cerita maupun romantisme sebuah peradaban kota yang begitu panjang dan mengagumkan. Atas dasar kesejarahan inilah, saya memiliki keyakinan untuk membangun Kabupaten Tabanan khususnya Kota Tabanan dengan sebuah jargon “Bangga Sebagai Orang Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

Di mana, jargon yang dicetuskan itu bermaksud untuk membangunkam spirit “Jengah”, Kedasaran “Menyame Braye” untuk membangun rumah kita bersama yaitu kota Tabanan. “Inilah langkah awal yang saya lakukan, yaitu membangunkan kesadaran bersama sebagai modal dasar. Langkah selanjutnya, tentu adalah melakukan pembangunan fisik, mempercantik kota Tabanan di sana sini dan masyarakat sekarang dapat melihat gerak pembangunan Kota Tabanan. Lapangan Alit Saputra dibenahi dan lain-lainnya akan segera menyusul,” sebutnya lebih lanjut.

Oleh sebab itu, selaku pemerintah pihaknya berharap, niat baik ini akan disambut oleh masyarakat dengan suka cita. Salah satu harapan terbesarnya adalah masyarakat bisa ikut memberikan perhatian dan menjaga apa yang sudah dan akan dibangun oleh Pemerintah Daerah. Hal tersebut penting, mengingat tidaklah mungkin pemerintah untuk bergerak sendirian, butuh kontribusi kuat dari masyarakat untuk menjaga hasil-hasil pembangunan yang telah dilakukan.

Di kesempatan itu, pihaknya seraya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak, dalam rangka menyukseskan perayaan HUT Kota ke-530. “Semoga segala karma baik yang telah ditanamkan akan memberikan harapan baru bagi daerah kita. Kedepan, tentu kita akan terus melakukan evaluasi untuk memastikan perayaan HUT Kota di tahun 2024 akan lebih meriah dan bermakna. Dirgahayu Kota Tabanan ke-530. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan tuntunan dan berkahNya kepada kita semua,” ucap Bupati Sanjaya mengakhiri. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us