Begini Cara Buleleng Lestarikan Budaya

Begini Cara Buleleng Lestarikan Budaya

Guna melestarikan budaya yang adiluhung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali akan menggandeng Radio Republik Indonesia (RRI) Singaraja dalam setiap kegiatan. Khususnya pembinaan dan lomba-lomba terkait budaya. “Seperti apa yang sudah dilakukan melalui lomba pesantian ini,” ujar Wakil Bupati I Nyoman Sutjidra usai menghadiri Lomba Pesantian antar SMA/SMK yang diselenggarakan oleh RRI Singaraja dalam rangka HUT ke-76 RRI di Wantilan RRI Singaraja, Kamis (16/9).

Sutjidra menjelaskan, sebelum pandemi ada beberapa festival yang diselenggarakan. Baik itu di tingkat kecamatan maupun kabupaten seperti Buleleng Festival. Dalam festival tersebut juga digelar berbagai lomba untuk melestarikan budaya Bali. Namun, dalam lomba tersebut masih melombakan anak-anak SD. Ke depan, akan ditingkatkan untuk tingkat SMP dan SMA yang bersinergi dengan RRI. “Jadi dengan bersinergi dengan RRI, masyarakat di seluruh Buleleng ini akan mengetahui. Bahkan seluruh Indonesia akan mengetahui bahwa ada lomba pesantian yang wujudnya untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang menjadi warisan leluhur kita,” jelasnya.

Dari lomba yang digelar dalam festival, setiap kecamatan sudah mempunyai bibit-bibit pesantian yang telah dibina dari kecil. Bibit-bibit tersebut terlihat dalam lomba kali ini dimana tingkat SMA/SMK sudah menunjukkan bakat yang baik. Hal tersebut perlu dipertahankan mengingat minat anak muda terhadap kegiatan budaya seperti pesantian ini, sudah berkurang. “Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh RRI Singaraja ini untuk melestarikan seni dan budaya Bali,” ucap Sutjidra. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us