Berwisata Aman dan Nyaman dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Berwisata Aman dan Nyaman dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Kawasan wisata Penelokan Kintamani, Kabupaten Bangli belakangan ini mulai kembali ra,ai dikunjungi wisatawan domestic. Destinasi wisata yang sangat popular dengan pemandangan indah Danau serta Gunung Batur itu sebelumnya Nampak lengang karena dihantam pandemic. Pada  Rabu (17/11) misalnya,, banyak turis dating untuk menikmati pemandangan indah ini sambil menikmati hidangan di beberapa kedai kopi yang berjejer di  sepanjang jalan tersebut.

Salah seorang pengunjung mengatakan bahwa mereka sudah sangat rindu sebenarnya dating ke Bali namun karena adanya regulasi yang sellau berubah menyebabkan kedatangann mereka beberapa kali terpaksa harus ditunda. ‘’Sepanjang menjalankan protocol kesehatan yang benar, sudah divaksin, saya rasa amanlah,’’ kata dia. Memangs epanjang pengamatan, Kafe di daerah ini sudah menyediaakan tepat cuci tangan, hand sanitizer serta alat pengukur suhu tubuh. Dan secara resmi pula mereka sudah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Healt, Safety dan Environmen Sustainability) yang dikeleuarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelum masuk kedai kopi, restoran atau lainnya mereka cuci tangan, terus diukur suhu tubuhnya dan baru masuk. Mereka buka buka masker ketika menyantap hidangan serta saat sedang berfoto atau berselfi. Tata ruangan pun diatur agar tidak bergerombol dan dianjurkan selalu menjaga jarak.

Gubernur Bali Wayan Koster saat mengunjuni kawasan ini Senin (15/11) menegaskan bahwa pelaksanaan protocol kesehatan di tempat wisata agar dijalankan secara ketat agar wisatawan bisa menikmati keindahan alam Pulau Balis ecara aman serta nyaman. Menjaga jarak dan tidak berkerumun, emamakai masker serta sesring menungkin cuci tangan merupakan hal mendasar yangs elalu terus dikampanyekan, saling mengingatkan dan dilakukan secara ketat.

Saat ke kawasan ini Gubernur Koster menjau keberadaan Museum Geopark dan memastikan fasilitas 3 M dan prosedur penerapan protocol dijalankan secara ketat. Geopark merupakan sebuah taman Geologi sudah diakui oleh Unesco. Banyak wisatawan dating ke sisni dan selanjutkan melihat keindahan Gunung Batur serta danaunya serta beberapa daerah di kawasan yang memangs angat sering diunggah keindahan serta keunikannya di media social.

Edukasi Langsung

Pemerintah Kabupaten Bangli sebelumnya juga melakukan berbagai upaya dalam penerapan protocol kesehatan dengan melibatkan berbagai pihak seperti TNI/Polri. Upaya edukasi protokol kesehatan secara persuasif terus dilakukan Kodim 1626/Bangli. Melalui para babinsanya, Kodim terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah situasi Pandemi Covid 19. Selalu diingatkan, memakai masker saat berada di luar rumah, menghindari kerumunan serta sesering mungkin cuci tangan. Pokoknya, imbauan dasar soal 3M, harus dilaksanakan.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana, belum lama ini mengatakan setiap hari pihaknya menerjunkan babinsanya untuk menyambangi wilayah binaan masing-masing. Di setiap kesempatan babinsanya selalu bersilaturahmi ke rumah-rumah warga, untuk menyampaikan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan.

Menurutnya metode pendekatan secara langsung, hasilnya lebih efektif. Warga bisa lebih mudah memahami. “Sebab masih ada beberapa warga yang belum paham dan enggan mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Sebab menurutnya virus covid tidak dapat dihentikan jika tidak ada dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli per Kamis (11/11), jumlah kasus positif covid -19 di kabupaten Bangli mencapai 5.191 kasus. Bertambah 2 kasus dari hari sebelumnya.

Dari total kasus itu, jumlah yang masih dirawat sebanyak 20 orang, sudah dalam keadaan sembuh 4.927 orang dan meninggal 242 orang. “Hari ini yang sembuh bertambah 4 orang,” kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa. (BTN/pal)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us