BPBD Karangasem tetap Standby dalam Kondisi Cuaca Saat Ini

BPBD Karangasem tetap Standby dalam  Kondisi Cuaca Saat Ini

Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem , I Ketut Sedana Merta didampingi Kadis PUPR, Kabag Ekonomi , Camat Rendang , Kalaksa BPBD meninjau langsung kerusakan ruas jalan arah Pura Batu Madeng menuju Pura Peninjauan , Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali , akibat diterjang hujan deras, Senin (3/1)2022.

Setiba di lokasi jalan yang jebol, Sekda Sedana Merta mennyampaikan kepada tim komunikasi pimpinan, bahwa infrastruktur yang rusak berupa ruas jalan jebol akibat aliran air yang deras dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari yang lalu. “Melalui kejadian ini, mari masyarakat yang akan melintasi jalan ini dapat meningkatkan kewaspadaan ,” katanya.

Sekda Sedana Merta mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem agar senderan ruas jalan yang jebol dapat ditanggulangi sementara, mengingat APBD baru berjalan. Ia juga sudah menugaskan BPBD Kabupaten Karangasem untuk “standby” dalam kondisi cuaca seperti saat ini. “Anggaran APBD baru berjalan, keterbatasan anggaran membuat pemerintah belum bisa berbuat banyak. Mudah – mudahan dengan beberapa kiat-kiat pimpinan, eksekutif dan legisatif , dapat mengantisipasi anggaran untuk bencana -bencana yang terjadi di musim penghujan seperti saat ini,” katanya.

Ia berharap jalan dan tanggul yang ada segera diperbaiki. Jika tidak ditangani segera, maka akan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. “Apabila diterjang hujan deras lagi, tentu membuat kerusakan disekitarnya karena sangat mudah digerus luapan air sungai,jadi harus segera diantisipasi,” ujar Sedana Merta.
Terkait arahan Sekda, Kadis PUPR Wedaswara mengatakan, rusaknya ruas jalan tersebut bukan hanya diakibatkan curah hujan yang tinggi. Namun saluran drainase yang juga kurang baik. Tindak lanjut sementara, jangka pendek akan dibuatkan senderan dari karung tanah dan krikil, agar kerusakan tidak melebar, memparah jebolan.

Kemudian untuk Air yang berlebih dari Padharman Sangging akan dibuatkan sodetan di atas, sehingga membagi aliran air yang turun diarahkan ke utara. Saat ini juga, Dinas PUPR dibantu BPBD Karangasem dan masyarakat sekitar akan melakukan pembersihan seluruh drainase dari lokasi jebolan sampai hilir sungai. “Mudah – mudahan dengan hal ini mengurangi beban jalan terhadap air yang mengalir saat curah hujan tinggi,”tutupnya.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us