Bulan Bahasa Bali Segera Digelar Lagi. Ini 6 Kegiatan Pokoknya

Bulan Bahasa Bali Segera Digelar Lagi. Ini 6 Kegiatan Pokoknya

Bulan Bahasa Bali tahun 2023 memasuki kegiatan ke-5 dengan mengusung tema “Segara Kerthi: Campuhan Urip Sarwa Prani” yang dimaknai sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk. Pelaksanaannya berlangsung sebulan penuh (1-28 Februari 2023), dengan menyajikan 6 kegiatan pokok, yaitu Krialoka (Workshop), Widya Tula (Seminar), Wimbakara (Lomba), Sesolahan (Pergelaran), Reka Aksara (Pameran), dan Penganugrahan Bali Kerthi Nugraha Mahottama.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali, Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha mengatakan, Bulan Bahasa Bali menjadi salah satu program unggulan Disbud. Perjalanan Bulan Bahasa Bali ini merealisaikan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Karena itu, pelaksanaannya tak hanya digaungkan di Provinsi Bali, tetapi juga sampai ke tingkat desa adat. “Semua desa adat di Bali juga menyelenggarakan Bulan Basa Bali. Apalagi sudah dibantu dengan menghadirkan penyuluh Bahasa Bali di sedtiap desa,” ungkap Prof Arya saat rapat mematangkan peleksanaan Bulan Bahasa bali ke-5 di Kantor Disbud Bali, Rabu (18/1).

Saat ini, ada sebanyak 659 orang penyuluh Bahasa bali yang tersebar disetiap desa di Bali. Jumlah itu akan ditambah, sehingga nantinya akan mengangkat 16 orang penyuluh Bahasa Bali lagi, yang sengaja disebar diseluruh pelosok di Bali. Hal ini bertujuan untuk membumikan bahasa Bali untuk seterusnya. Bukan hanya ada dalam pelaksanaan Bulan Bahasa Bali saja. “Kami akui, hasilnya masih belum maksimal. Karena itu, saya telah melakukan penelitian secara diam-diam untuk mencari jawabannya,” ucapnya.

Prof. Arya lalu memaparkan, secara formal penyuluh bahasa Bali telah melakukan pendidikan bahasa Bali kepada anak-anak SD, hingga SMP, namun hasilnya belum maksimal. Ternyata, untuk membumikan bahasa Bali kepada masyarakat Bali utamkanya anak-anak itu ada pada keluarga. ada di keluarga. “Makanya, untuk tahun selanjutnya sasaran kita adalah di keluarga agar membiasakan orang tua, baik ayah atau ibunya mengajak anak-anaknya berbahasa Bali,” sebutnya.

Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Bahasa Bali, untuk menjadikan Bahasa Bali sebagai bahasa ibu. Penyuluh Bahasa Bali selalu dilibatkan untuk diajak berembug unruk merealisasikan bahasa ibu itu. Semua kegiatan yang dilakukan itu, tujuannya untuk membumikan bahasa Bali. “Termasuk menyelenggarakan pembinaan drama gong yang belakangan ini keblabasan. Drama gong menerapkan pendidikan bahasa Bali yang sangat lengkap, dengan anggah ungguhing basa, selain sebagai alat komunikasi,” paparnya. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us