Buleleng Fokus pada Perbaikan Sektor Ekonomi Pasca Pandemi

Buleleng Fokus pada Perbaikan Sektor Ekonomi Pasca Pandemi

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana,ST mengharapkan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bisa menciptakan pemikiran strategis yang dapat memulihkan sektor ekonomi. “Saya harapkan Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mampu menterjemahkan dan mencari solusi dari isu pembangunan di Kabupaten Buleleng,” pinta Bupati Suradnyana saat membuka Musrenbang RKPD tahun 2023 di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, Kamis (31/3).

Sebagai kepala daerah, dirinya akan memberikan masukan untuk kearah lebih baik. “Dengan melihat dari sudut pandang kalau kita lihat dari atas, ya kita istilahkan “eye of bird” atau mata burung itu perspektifnya menyeluruh dari atas terhadap kebijakan nanti regulasinya silahkan dari pimpinan skpd untuk menerjemahkan sesuai regulasi,” terangnya.

Selain itu, Bupati Suradnyana juga menginginkan, Pimpinan SKPD juga mampu menerjemahkan kontraksi perekonomian di Buleleng yang terjadi saat ini yang pertumbuhan ekonominya menurun akibat pandemi. “Tentu terjemahan dari Musrenbang pada hari ini yang paling fokus adalah bagaimana memperbaiki sektor-sektor ekonomi sehingga bisa kedepan pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih baik, minimal menjadi positif,” tegasnya.

Dalam Musrenbang ini, semua pihak harus mampu merinci sektor-sektor yang dapat dioptimalkan sehingga mampu menaikan kontraksi perekonomian di masyarakat. “Istilahnya kita fokus kedepan terjemahan dari RPJMD ini menyelesaikan persoalan-persoalan pasca pandemi,” imbuhnya.

Bupati yang akrab disapa PAS ini, menyampaikan, perbaikan sektor-sektor pasca pandemi harus menjadi sebuah pemikiran bersama. Dirinya juga mengatakan, Pemkab Buleleng harus punya kemampuan swing investment untuk meningkatkan investasi. “Misalnya di suatu tata ruang tersebut ada sesuatu yang menjanjikan menyangkut lokasi yang bagus jadi ada infrastruktur yang harus dibangun disana. Ada menjanjikan pertanian kita yang memiliki daya saing yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh yang lain, sehingga permintaan dapat lebih terbuka, jadi tidak semua hasil pertanian kita push untuk kita kembangkan sehingga memiliki daya saing kuat,” pungkasnya.

Musrenbang RKPD ini juga diselenggarakan melalui virtual yang diikuti FKPD Buleleng, Pimpinan SKPD, dan para Camat. Dalam kesempatan itu, hadir langsung Wakil Ketua III DPRD Buleleng Made Putri Nareni, Sekda Buleleng, Drs. Gede Suyasa,M.Pd, para Asisten Setda Buleleng, dan beberapa Pimpinan SKPD lingkungan Pemkab Buleleng. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us