Bupati Gede Dana Buka Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian

Bupati Gede Dana Buka Pelatihan Teknik Pertolongan di Ketinggian

Bupati Karangasem I Gede Dana membuka Pelatihan Potensi SAR Teknik Pertolongan di ketinggian (vertical rescue), Selasa (27/4) di Jalan Pantai Jasri Kelod Desa Jasri Kelurahan Subagan Kec/Kab. Karangasem. Pelatihan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati Gede Dana dan didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar,I Gede Darmada.

Kegiatan ini digagas Basarnas (Badan Search and Rescue Nasional) atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar dan diikuti oleh 25 peserta dari berbagai unsur potensi SAR Karangasem.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar,I Gede Darmada menegaskan, Basarnas tidak dapat bekerja sendiri. Karena itu diperlukan dukungan dan sinergitas yang solid bersama potensi SAR, baik instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat dan organisasi potensi SAR lainnya. Dengan pelatihan potensi SAR ini, Basarnas dan Pemprov Bali, khususnya Kabupaten Karangasem bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam menyiapkan SDM yang mumpuni di bidang SAR, terutama tehnik pertolongan di ketinggian. “Basarnas senantiasa secara aktif melakukan pembinaan potensi SAR pada wilayah kerjanya masing-masing,” ungkapnya.

Gede Darmada menjelaskan, materi pelatihan disesuaikan dengan potensi bahaya di masing-masing daerah. Musibah bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan dapat menimpa siapa saja. Maka masyarakat harus dibekali dengan pengetahuan SAR, dan pada kesempatan ini adalah teknik pertolongan di ketinggian. “Mari bangun pemahaman agar setiap orang siap siaga menghadapi berbagai musibah. Dengan demikian akan tercipta budaya SAR yang dapat membantu dan bahkan turut menyelamatkan jiwa manusia,” ungkapnya.

Sementara itu, Gede Dana dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilaksanakan, karena letak geografis Karangasem banyak ketinggian dan perbukitan. Melalui pelatihan pertolongan di ketinggian, diharapkan akan tercipta SDM yang handal dan profesional sehingga nantinya disaat menghadapi kondisi sesungguhnya, dimanapun dan kapan pun para peserta pelatihan potensi SAR sudah siap.

“Tidak henti-hentinya kami selalu menyarankan kepada pelaksana pelatihan agar memperhatikan protokol kesehatan. Semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar serta ilmunya nanti dapat dimanfaatkan sebaik mungkin,” tutupnya.

Hadir pula dalam pembukaan pelatihan diantaranya, Sekda Kabupaten Karangasem, Dandim 1623/Karangasem, Kabag ops Polres Karangasem, Kepala Pelaksana BPBD Kab.Karangasem, Kepala Dinas Sosial Kab.Karangasem, Danramil 1623 -01/Kota, Wakapolsek Karangasem, Bakamla Karangasem dan Camat Karangasem.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us