Bupati Gede Dana Serahkan SIG dan MPIG untuk Salak Sibetan

Bupati  Gede Dana Serahkan SIG dan MPIG untuk Salak Sibetan

Bupati Karangasem,I Gede Dana menyerahkan langsung Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) untuk Salak Sibetan kepada Kelompok Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Salak Sibetan, Karangasem, Bali. Penyerahan SIG tersebut berlangsung di Wantilan Pura Bale Agung, Desa Sibetan, Sabtu (30/10).

Dengan tersertifikasinya Salak Sibetan secara hukum dan sudah dipatenkan serta mendapatkan Sertifikat Indikasi Geografis (SIG) dari Kementrian Hukum dan Ham, artinya secara geografis salak atau agrowisata/perkebunan salak di Desa Sibetan sudah menjadi salah satu ikon Karangasem.

Warga di Desa Sibetan juga telah membentuk Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) yang ikut menjaga kelestarian varietas salak Nangka, Salak Porong dan Salak Gula Pasir yang sudah sangat terkenal di dalam negeri maupun di manca negara. Termasuk menjaga agar lahan perkebunan salak tidak beralih fungsi menjadi lahan persawahan atau perkebunan lain.

Dalam kesempatan itu, Bupati Gede Dana mengatakan, penyerahan SIG ini adalah bentuk dukungan dan apresiasi Pemkab Karangasem terhadap komoditas pertanian khas di Kabupaten Karangasem, salah satunya Salak Nangka dan Salak Gula Pasir, yang hanya bisa ditemui di Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us