Bupati Sanjaya Lantik 145 Pejabat Fungsional

Bupati Sanjaya Lantik 145 Pejabat Fungsional

Sebanyak 145 PNS yang diangkat sebagai Pejabat Fungsional dilingkungan Pemeintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE,MM, di ruang kerjanya di Kantor Bupati Tabanan, Senin (12/4). Pelantikan itu dilakukan secara simbolis kepada dua orang perwakilan pejabat fungsional dan sisanya mengikuti secara Dalam Jaringan (Daring).

Pelantikan jabatan fungsional merupakan implementasi peraturan pemerintah PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat menjadi pejabat fungsional wajib dilantik dan diambil sumpah/janji menurut agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. “Pelantikan ini merupakan hal penting demi terwujudnya kualitas dan mutu sistem merit yang lebih baik di masa mendatang. Pada hakekatnya, jabatan fungsional merupakan jabatan teknis yang memiliki kompetensi tertentu, baik keahlian maupun pendidikan, sehingga akan lebih fokus dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pekerjaan yang diemban,” ujar Bupati Komang Sanjaya.

Kondisi tersebut akan meningkatkan kompetensi, kapasitas dan kualifikasi yang dimiliki pejabat Fungsional, serta melalui skill upgrading seseorang akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan dinamika yang berkembang di masyarakat. “Saya meminta kepada saudara-saudara Pejabat fungsional untuk dapat menunjukan komitmen dan moralitas serta tanggung jawab terhadap jabatan, dan mampu bekerja sama dengan sesama ASN dalam melaksanakan tugas-tugas untuk mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semsta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman Unggul Madani,” tegas Sanjaya.

Dari 145 Pejbat fungsional, rinciannya 20 orang pengangkatan melalui inpassing. Profesinya terdiri dari auditor 7 orang, penilik 3 orang dan LPBJ 10 orang. Sedangkan sisanya sebanyak 125 orang pengangkatan untuk pertama kali melalui PNS yang lolos di tahun 2019 lalu. Mereka terdiri dari berbagai profesi mulai dari guru 14 orang, pustkawan 2 orang, auditor 14 orang, dokter 24 orang, asisten apoteker 15 orang, perawat 26 orang, administrasi kesehatan 1 orang, apoteker 8 orang, bidang 8 orang, sanitarian 6 orang, rekam medis 1 orang, nutrisionis 5 orang, dan pranata lab kesehatan 1 orang.

Kepala BKPSDM Kabupaten Tabanan I Wayan Sugatra menambahkan, dengan sudah diangkat menjadi pejabat fungsional mereka akan lebih cepat naik jabatan atau 2 tahun sudah bisa naik jabatan asalkan memenuhi angka kredit dibandingkan sebelum diangkat bisa 4 tahun baru bisa naik jabatan. “Biasanya sebelum mejadi fungsional, 4 tahun menjabat baru bisa naik jabatan, sedangkan kalau sudah fungsional, 2 tahun menjabat sudah bisa naik jabatan,” imbuh birokrat asal Luwus Baturiti tersebut. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us