Bupati Sedana Arta Berharap Seluruh Kegiatan Pendidikan UHN Tetap Dipusatkan di Bangli

Bupati Sedana Arta Berharap Seluruh Kegiatan Pendidikan UHN Tetap Dipusatkan di Bangli

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta,SE menghadiri Dies Natalis ke II Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, serta Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. I Nyoman Sueca, S.Ag. M.Pd., yang dilaksanakan di Kampus Bangli, Kelurahan Kubu Bangli pada Rabu (25/5)2022.
Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Bupati Bangli Wayan Diar,S.St.Par. Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika, Bupati Bangli periode 2000 – 2010 I Nengah Arnawa, Perwakilan Polres Bangli, Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar beserta seluruh jajaran, serta undangan lainnya.
Dalam Kesempatan tersebut Bupati Bangli, Wakil Bupati Bangli serta Ketua DPRD Bangli menerima Sugriwa Award Tahun 2022 atas dedikasinya dalam mendukung dan mengembangkan pendidikan Agama Hindu, diberikan dalam rangka Dies Natalis II UHN I Gusti bagus Sugriwa Denpasar dengan tema “Kolaborasi, Inovasi, dan Akselerasi dalam Konteks Metaverse”.
Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Prof. Dr. Drs. Igusti Ngurah Sudiana, M.Si dalam sambutannya menyampaikan Dies natalis kedua ini masih pada tahap membangun pondasi yang kokoh, pada bidang SDM, Sarpras, Manajemen, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mewujudkan World Class University; sehingga terus memerlukan langkah-langkah pemantapan menuju ribuan langkah berikutnya.
Kalaulah UHN IGB Sugriwa kita ibaratkan sebagai kapal yang besar, untuk membelokkannya memerlukan ancang-ancang yang memadai dan lintasan yang cukup jauh, tidak bisa kita belokkan begitu saja. Demikian pula dengan UHN Sugriwa memerlukan penyiapan yang memadai sebagai pondasi yang kokoh untuk selanjutnya berkirah secara signifikan di tingkat local, regional, dan internasional.
World Class University (WCU) merupakan program yang didasarkan pada Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Agama Tahun 2020-2024, Keputusan Direktur Jenderal Bimas Hindu Nomor 127 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tahun 2020-2024 dan Keputusan Rektor Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar Nomor 1219 Tahun 2020 tentang Renstra Universitas Hindu Negeri, dan Roadmap Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar (UHN IGB Sugriwa) 2021-2033.
WCU juga merupakan sebuah pengakuan, recognition internasional kepada sebuah universitas yang telah berhasil melakukan penguatan pada kualitas penelitian, kualitas pengajaran, citra internasional, serta kualitas lulusan yang memiliki daya saing tinggi.
Seluruh komponen itu harus dapat dicapai mulai dari pencanangan WCU hingga 12 tahun kemudian, 2033. UHN I Gusti Bagus Sugriwa sejak 2021 sampai dengan 2031 berusaha untuk mencapai 7 (tujuh) indikator yang sudah kita rumuskan bersama, yaitu (1) Tata Kelola, (2) Tri Dharma Perguruan Tinggi, (3) Sumber Daya Manusia, (4) Sarana dan Prasarana, (5) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (6) Pengembangan Kapasitas Institusi, dan (7) Pendanaan.
Ketujuh indicator pencapaian ini bersifat kumulatif, artinya secara bersama-sama hendaknya kita capai yang diwjudkan dalam kinerja universitas, untuk itu kolaborasi sinerjis internal seluruh SDM mari terus kita rawat dan kita tingkatkan bersama menjadi kampus kerukunan yang harmoni; kerjasama eksternal merupakan aliansi strategis antar berbagai stakeholder pendidikan dan yang peduli pendidikan ditingkat lokal, regional, dan internasional. Sudah kita mulai, antara lain, dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli.
Pihaknya menambahkan Upaya kami dalam dunia akademis, penelitian dan pengembagan dalam hal dunia pendidikan agar juga dapat dinikmati oleh Masyarakat Bangli, mengingat IPM (human Development Index) yang kita sadari bersama bahwa dari tiga indikator utamanya sebagai pengungkitnya adalah pendidikan.
Penelitian dan pengembangan yang kontektual dengan kondisi di Kabupaten Bangli sangatlah startegis sebagai pengungkit peningkatan pembangunan manusia. Sebagai rangkaian Dies Natalis ke-2 UHN Sugriwa, bersama Pemerintah Kabupaten Bangli, kita selenggarakan Kebyar Yoga di Alun-Alun Kabupaten Bangli pada tanggal 27 Mei 2022, yang diikuti oleh seribuan peserta. Mari kita sukseskan acara tersebut, menjadikan Bangli sebagai Kabupaten Yoga.
Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang mengelola Dies Natalis ke-II ini, semua pihak yang telah, sedang, terus berkolaborasi dalam pengembangan Universitas”. Semoga UHN Sugriwa dapat mengambil peran sebagai pelopor pola ilmiah pokok pada Agama Hindu, Budaya Bali dan Nusantara, dan Ilmu Pengetahuan. Untuk seluruh civitas akademika UHN Sugriwa selamat melaksanakan Dies Natalis ke-II, kedepan mari kita isi dengan langkah mantap masing-masing didasari pada Satyam (kebenaran), Siwam (kebersihan), Sundaram (keharmonisan).
Sementara itu Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan keberadaan kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Kabupaten Bangli tentu sangan strategis untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten Bangli, sebagai indikator keberhasilan pembangunan Daerah.
Disamping itu keberadaan Kampus UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Bangli diharapkan menjadi generator untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ,melestarikan nilai-nilai agama, tradisi, adat, seni dan budaya Bali ditengah tantangan arus globalisasi dan modernisasi saat ini.
Sedana Arta berharap kedepan seluruh kegiatan pendidikan UHN tetap dipusatkan di kampus Bangli, sehingga benar-benar menjadi laboratorium pendidikan Hindu Nusantara. Pemerintah Kabupaten Bangli saat ini sedang menyiapkan berbagai lompatan pembangunan ,rencana-rencana besar untuk mewujudkan Bangli Era Baru.
“Untuk itu kami mohon sinergi dan dukungan dari semua stakeholder khususnya civitas akademik UHN I Gusti Bagus Sugriwa, untuk membangun sumber daya manusia melalui dunia pendidikan di Kabupaten Bangli, dengan suasana yang nyaman dan udara yang sejuk tentunya sangat tepat sebagai pusat pendidikan di Bali”.
Sedana Arta Juga mengucapkan Dirgahayu UHN I Gusti Bagus Sugriwa yang ke II dan selamat atas pengukuhan guru besar Prof. Dr. I Nyoman Sueca, S.Ag., M.Pd., semoga keilmuannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, Nusa dan Bangsa.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us