Bupati Suwirta Matangkan Konsep Desa Wisata Tihingan

by -5 views

Mengisi waktu libur Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Ny, Ayu Suwirta meninjau situasi secara langsung potensi yang ada di Desa Tihingan, Banjarangkan, Klungkung, Sabtu (14/11). Tujuannya untuk mematangkan konsep Desa Wisata di Desa Tihingan dengan dimulai dengan menjelajahi jalur tracking sepanjang 4 km. Turut hadir,  Dirut PDAM Klungkung, I Nyoman Renin, Kadis PU Anak Agung Lesmana, Perbekel Desa Tihingan I Wayan Sugiarta serta instansi terkait lainnya.

Bupati Suwirta mengatakan Desa Wisata Tihingan ini satu paket dengan Desa Wisata Kamasan dan segala perencanaan akan diambil oleh Pemerintah Daerah (Pemkab). Untuk di Desa Tihingan ini kita fokus yang berbasis kerajinan gong dari hulu sampai hilir. “Dari hulu bagaimana nanti atraksi-atraksi pembuatan gong itu disiapkan nanti dari rumah. Sedangkan dari hilir untuk latihan gong mungkin akan digunakan Banjar Tihingan,” ujar Bupati Suwirta.

Menurutnya Bupati Suwirta,  Desa Wisata itu harus mengedepankan sapta pesonanya terutama kebersihan, maka sampah dan penataan lingkungan ini tentu menjadi prioritas. “Kebersihan masing-masing telajakan lingkungan harus dijaga dengan baik, mulai dipilah dari masing-masing keluarga untuk nantinya dibawa ke TOSS Center,” imbuh Bupati Suwirta.

Hal yang tidak kalah pentingnya, masyarakat nantinya bisa menyambut baik Desa Wisata ini bagaimana persiapan toiletnya dan homestay-nya semua harus ditata. Kemudian untuk Pamsimas harus segera melengkapi kebutuhan air yang ada disini. Pokdarwis dan BUMDes nya nanti dibuatkan satu wadah untuk mengelola Desa Wisata dengan baik.

“Semoga Covid-19 ini segera berlalu, sehingga untuk perencanaan dan pembuatan Desa Wisata ini tidak memerlukan waktu yang lama,” harap Bupati Suwirta kepada Perbekel agar nanti duduk bersama mengajarkan warga untuk mempunyai rasa memiliki dan mencitai desanya.(BTN/014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *