Bupati Suwirta Tandatangani Kerjasama Terkait Pelatihan Destinasi Wisata Berkelanjutan di Desa Manduang

Bupati Suwirta Tandatangani Kerjasama Terkait Pelatihan Destinasi Wisata Berkelanjutan di Desa Manduang

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta tandatangani kerjasama dengan Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Dr. I Made Sudjana terkait kegiatan Pelatihan Destinasi Wisata Berkelanjutan dan Pengelolaan Sampah Organik dan Non Organik di Kantor Kepala Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, Selasa (27/9)2022. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Pariwisata Sedunia (World Tourism Day) 2022 ini mengusung sebuah tema “Road to Green Tourism : Small Step for Onormous Impact”.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Suwirta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Dimana, Desa Manduang ini merupakan salah satu Desa di Kabupaten Klungkung yang sedang dikembangkan untuk menjadi Desa Wisata. Bupati berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya bisa berkelanjutan dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan desa wisata Maduang. Terkait pengelolaan sampah ini tidak begitu sulit, tetapi kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan sebaik-baiknya ini yang sangat penting dilakukan.

“Tidak cukup dengan menjalankan Perda/Perbup saja, tetapi bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar benar-benar memahami pentingnya mejaga kebersihan. Mari bersama-sama ikuti kegiatan ini dengan baik agar nantinya membuahkan hasil maksimal,” harap Bupati Suwirta.

Rektor Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) Dr. I Made Sudjana mengucapkan terimakasih atas ketersediaan Bupati Suwirta bersama jajaran menerima kami untuk melakukan kegiatan ini di Desa Manduang. Kegiatan World Tourism Day tahun 2022 ini dirayakan di Indonesia dan di pusatkan di Bali.

Kampus IPBI yang telah berdiri sejak tahun 2000 ini juga mempunyai program memberangkatkan anak didik ke luar negeri selama satu tahun dengan tujuan agar mereka bisa belajar secara global dan nantinya bisa bersaing secara internasional. Sementara ada tiga titik fokus dalam pelatihan ini diantaranya untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang berkualitas, fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan mengajak masyarakat, pemerintah, pembisnis hingga komunitas untuk menjadi menciptakan pariwisata yang tangguh inklusif dan berkelanjutan. “Terimakasih Bapak Bupati, mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini mahasiswa kami bisa lebih berkiprah untuk membangkitkan Desa Wisata,” ucapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung Anak Agung Putra Wedana, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung I Ketut Sujana dan Camat Klungkung Putu Arnawa.(BTN/ery)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us