Bupati Suwirta Terima Kunjungan Anggota DPR Filipina

Bupati Suwirta Terima Kunjungan Anggota DPR Filipina

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Anggota DPR Negara Filipina Provinsi Bataan Distrik ke-3 Maria Angela Garcia beserta rombongan bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Sabtu (3/12)2022.

Maria Angela Garcia menyampaikan tujuannya dalam melaksanakan kunjungan ini adalah untuk mempelajari penerapan KTR, pengembangan potensi daerah menjadi pariwisata, dan cara menjaga kebersihan di Kabupaten Klungkung, serta mengatur skala prioritas yang dilakukan dalam menggunakan anggaran yang ada.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan mengenai penerapan Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Klungkung dilaksanakan secara konsisten, menggunakan pola panutan dan melalui Dinas Kesehatan beserta jajarannya yang menciptakan beberapa inovasi terkait KTR , serta menjalin kerjasama dengan perangkat desa adat. “Pemkab Klungkung melalui penerapan KTR, menginginkan agar kebiasaan tidak merokok dapat menjadi suatu kebudayaan bagi masyarakat Klungkung,” Harap Bupati Suwirta.

Mengenai kebersihan, Bupati Suwirta menyampaikan bahwa Pemkab Klungkunh mengelola sampah rumah tangga dengan menggunakan inovasi TOSS Gema Santi (Tempat Olah Sampah Setempat). Melalui inovasi tersebut, sampah diolah menjadi pupuk organik yang digunakan untuk menata taman di areal perkantoran Pemkab Klungkung, dan pada lahan pertanian di Kabupaten Klungkung.

Pengolahan sampah anorganik dikelola oleh Koperasi yang bekerjsama dengan APSI, sampah yang diolah juga diubah menjadi energi yang terbarukan (pelet) yang dijual ke Indonesia Power. Dalam pengadaan pralatan operasional, Pemkab menggunakan dana reward yang berasal dari ajang Perlombaan Inovasi yang diselenggarakan pemerintah pusat dan dibantu oleh pihak ketiga.

Bupati Suwirta menambahkan dalam menjalankan pemerintahan, dirinya memfokuskan dana yang ada pada bidang kesehatan yakni UHC dan ke titik ungkit pembangunan Kabupaten Klungkung yakni Nusa Penida. Titik Ungkit yang dimaksud adalah mengelola wilayah yang memiliki potensi outcome yang dapat digunakan untuk membangun Kabupaten Klungkung. “Semoga melalui audiensi ini, Pemkab Klungkung dapat menjalin komunikasi dan kerjasama lintas negara dalam berbagai bidang dengan Negara Filipina,” Imbuh Bupati Suwirta.
“Terimakasih atas penjelasan yang sudah diberikan,” Ujar Maria Angela Garcia diakhir kunjungannya. Turut hadir dalam audiensi tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni dan Udayana Central I Made Kerta Duana. (BTN/ery).

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us