Desa Adat Tengkulung , Benteng Seni, Adat dan Budaya Bali

Desa Adat Tengkulung , Benteng Seni, Adat dan Budaya Bali

Wakil Bupati (Wabup) Badung Ketut Suiasa menghadiri Pengukuhan Bendesa Desa Adat dan Prajuru Desa Adat Tengkulung masa bakti 2020-2025 di Balai Banjar Tengkulung Desa Adat Tengkulung, Kelurahan Tanjung Benoa Kuta Selatan, bertepatan dengan Purnamaning Kepitu, Selasa (29/12). Pengukuhan juga disaksikan Anggota DPRD I Wayan Luwir Wiyana, Made Retha, Wayan Sugita Putra, Petajuh Majelis Agung Propinsi Bali, Dr. I Made Wena, M.Si, Camat Kuta Selatan, Lurah Tanjung Benoa serta Bendesa Adat se-Kuta Selatan.

Wabup Suiasa pada kesempatan tersebut mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Krama Desa Adat Tengkulung yang sudah melaksanakan proses demokrasi secara damai dan lancar dalam pemilihan Bendesa Adat Tengkulung. Untuk itu pihaknya mengucapkan selamat ngayah kepada Bendesa dan Prajuru yang baru dikukuhkan serta mengingatkan ke depan para prajuru baru ini mempunyai tugas yang cukup berat apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Namun, Wabup Suiasa meyakini dengan semangat ngayah dan lascarya, prajuru baru akan mampu melaksanakan swadharma dengan penuh rasa tanggung jawab. Diingatkan pula agar Desa Adat senantiasa kokoh mengajegkan seni, adat dan budaya Bali sebagai rohnya pariwisata Bali.

Wabup Suiasa juga menyampaikan terima kasih kepada Bendesa dan Prajuru sebelumnya yang sudah mengakhiri tugasnya dalam pengabdian membangun Desa Adat Tengkulung. “Karena kami di Kabupaten sangat berkepentingan, kalau desa adat aman dan lancar akan meringankan tugas kami di Pemkab Badung karena program yang dirancang akan berjalan lancar,” tegasnya.

Ketua Panitia Pengukuhan Bendesa Desa Adat dan Prajuru Desa Adat Tengkulung masa bakti 2020-2025 I Ketut Sukada melaporkan yang dikukuhkan sebagai Bendesa Adat Tengkulung I Gede Eka Surawan. Sebagai Petajuh I Wayan Seraya, Penyarikan A.A Catur Parwata, Petengen I Nyoman Siana, kemudian untuk bhaga-bhaga diantaranya bhaga parhyangan A.A Ngurah Gede Redana, bhaga pawongan I Wayan Rusliadi, bhaga palemahan A.A Putu Swastika dan bhaga bupda I Wayan Kayanta. (BTN/bud)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Need Help? Chat with us